Yamaha Rilis Motor Listrik Trial Terbaru Dengan Label Yamaha TY-E 2.0

oleh -185 Dilihat
Yamaha TY-E 2.0

StoryOto.com – Yamaha baru saja merilis motor listrik terbarunya yang akan dilombakan di kompetisi global, dan motor ini hadir dengan label Yamaha TY-E 2.0 2022 di gelaran Tokyo Motor Show 2022. Dengan menerapkan genre trial, motor ini siap digunakan di medan off-road dengan rintangan yang ekstrim. Lalu bagaimana tampilannya? Simak detailnya di bawah ini.

Baca Juga: Yamaha EMF 2022, Review Harga, Spesifikasi, Fitur Dan Warna

Yamaha TY-E 2.0 adalah motor trial, jadi memang berbeda dengan motor trail atau motorcross yang berkompetisi adu cepat di trek tanah. Motor trial umumnya digunakan di medan kasar yang memang berat. Dengan begitu, motor jenis ini tidak dilengkapi dengan jok biker dan saat berkendara, biker lebih banyak berdiri untuk lebih sigap melewati medan kasar. Tidak hanya di medan yang berat, motor trial biasanya juga dilombakan di ajang internasional yang tempatnya justru tidak off-road. Biasanya kompetisi dilakukan di lapangan atau di lokasi yang ditentukan dengan rintangan berat yang disiapkan untuk diatasi oleh pengendara.

Yamaha TY-E 2.0

Sementara itu, Yamaha TY-E 2.0 hadir dengan bodi yang sangat ramping sehingga pengendara lebih leluasa saat melewati rintangan dengan motor ini. Perlu diketahui bahwa pengembangan motor ini mengacu pada model TY-E pertama yang diperlihatkan pada 2018. Dengan begitu, Yamaha mengembangkannya dengan maksimal mengingat untuk versi terbaru 2022, telah mengadopsi rangka monocoque baru yang terbuat dari material laminasi komposit. Efeknya, penggunaan rangka baru tersebut mampu menekan bobot menjadi lebih ringan, dan rangka ini juga memiliki karakteristik kekakuan yang optimal. Menariknya, rangka digunakan sebagai unit tenaga listrik dengan kombinasi komponen mekanis dan kontrol elektronik.

Baca Juga: Yamaha Cygnus Grypshus 2022 Siap Tantang Honda Vario Series

Baterai yang tertanam dalam Yamaha TY-E 2.0 2022 menjadi sumber tenaga utama untuk menggerakkan motor ini. Yamaha telah membenamkan baterai berkapasitas lebih besar dari sebelumnya. Selain itu, posisi baterai juga sangat diperhatikan agar mencapai titik gravitasi yang lebih rendah dari sebelumnya. Sebagai informasi, Yamaha akan menurunkan motor andalannya tersebut pada ajang FIM Trial World Championship yang akan dimulai pada Juni 2022. Dengan begitu, informasi mengenai spek motor masih dirahasiakan bahkan output powernya pun belum diketahui. Tapi Yamaha TY-E 2.0 pasti punya torsi besar dengan baterai dan motor listriknya.

 

Spesifikasi Yamaha TY-E 2.0 2022

P x L x T: 2.003 mm x 830 mm x 1.130 mm
Wheelbase: 1310 mm
Ground Clearance: 340 mm
Berat Motor: 70 kg
Jenis Motor Listrik: AC synchronous electric motor
Jenis Baterai: Lithium-ion
Jenis Kopling: hydraulic, wet, multi-plate
Rangka: CFRP Monocoque