Yamaha YZF R1, Siap Bersaing Dikelas Motor Sport

oleh -193 Dilihat
Yamaha R1

StoryOto.com – Yamaha R1 adalah jenis sepeda motor berkecepatan tinggi yang dibuat dan dirancang oleh perusahaan yang berlambang garpu tala. Yamaha sendiri merupakan perusahaan otomotif global yang memiliki rangkaian sepeda motor dengan teknologi canggih saat ini. Dan di tahun 2015 ini, Yamaha kembali meluncurkan produk tipe sportbike yang lebih tangguh dan handal.

Inilah “Yamaha R1,” yang akan menjadi salah satu produk inti Yamaha untuk bersaing dengan pesaing terberatnya di jajaran sportbike. Dengan kehadiran Yamaha R1 di pasar domestik akan meningkatkan persaingan di industri otomotif Indonesia. Pada tingkat penjualan kendaraan bermotor khususnya, penjualan kendaraan jenis sepeda motor mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Selain itu, kehadirannya juga tercatat menjadi kendala sekaligus pesaing kuat bagi Kawasaki Ninja H2.

Di Indonesia, Yamaha R1 akan dibanderol dengan harga sekitar Rp. 600 jutaan, harga yang terlalu mahal untuk jenis motor ini. Namun dengan harga tersebut, Yamaha juga memberikan tingkat kenyamanan yang efektif dan performa mesin yang maksimal dibandingkan dengan jenis motor lainnya. Dengan desain yang lebih ramping dan ringan, motor R1 ini terlihat lebih sporty dan futuristik dibandingkan dengan versi lamanya.

Sebenarnya Yamaha meluncurkan R1 pada tahun 2014, namun dengan kemajuan teknologi, Yamaha meluncurkan kembali Yamaha R1 2015 dengan versi baru, membawa teknologi canggih dari Yamaha dan fitur yang lebih modern. Dan berapa harga Yamaha R1 2015? Untuk lebih jelasnya, sahabat bisa simak ulasan dari StoryOto.com mengenai spesifikasi dan harga Yamaha R1 di bawah ini.

 

 

Desain Yamaha R1

All-new Yamaha R1 adalah jenis sportbike yang dibangun dengan desain dan teknologi mutakhir saat ini. Bodywork motor ini didesain karena terinspirasi dari motor andalan Yamaha di ajang balap bergengsi Motor Gp yaitu Yamaha YZF – M1. Styling kali ini sangat berbeda dengan tahun 2014. Ditambah dengan desain full body yang ramping, motor ini terlihat lebih gagah dan berani. Hal ini membuat harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga YZF R1 2014.

Sementara itu, untuk melengkapi desain bodi yang lebih modern, Yamaha melengkapinya dengan dimensi 2055 mm x 690 mm x 1150 mm dengan jarak sumbu roda sekitar 1405 mm. Walaupun motor ini terlihat cukup besar, namun motor sport ini hanya memiliki berat sekitar 199 kg, nyatanya motor ini sangat tipis dan ringan untuk dikendarai. Kemudian Motor ini juga dibekali dengan tangki bahan bakar yang lumayan besar untuk menampung BBM sekitar 17 L.

 

Performa Mesin

Sebagai motor kelas besutan Yamaha, motor ini juga memiliki performa mesin yang bertenaga dan cukup handal di kelas motorsport. Hal ini terlihat pada kapasitas mesin dari sepeda motor yang digunakannya, yaitu bermesin 998cc, 4-tak, DOHC, 16 katup dan dilengkapi dengan sistem pendingin. Untuk sitem pendingin, sepeda motor Yamaha R1 berpendingin cairan yang mampu berputar dengan cepat. Kecepatan maksimalnya bisa mencapai 300 km/jam. Tidak cukup sampai di situ saja, motor ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih Yamaha, yaitu Yamaha Chip Control Throttle (YCC-T) dan Yamaha Chip Control Intake (YCC-I).

Sementara itu, motor hebat ini juga memiliki rasio kompresi yang cukup tinggi yaitu 13.0:1 dan memiliki diameter piston dan langkah masing-masing 79mm x 50.9mm. Selain itu, motor ini juga memiliki klep titanium Invake dan klep buang baja yang lebih lebar 33mm dari versi lama. Dengan rasio kompresi dan kapasitas mesin yang begitu tinggi, Yamaha R1 mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 147,1 kW dengan putaran mesin 13.500 rpm, sedangkan torsi maksimalnya 112,4 Nm dengan putaran mesin hingga 11.500 rpm.

Selain itu, motor sport dari pabrikan Yamaha ini sudah terbukti sangat cepat dalam melakukan akselerasinya dan juga sudah terbukti sangat irit bahan bakar. Ini hanya berkat teknologi sistem injeksi bahan bakar Mikuni dengan 2 injektor. Dengan teknologi tersebut, motor ini lebih hemat bahan bakar dan emisi atau gas buang yang dihasilkan lebih bersih dan ramah lingkungan. Apabila melihat spesifikasi mesin yang dimiliki oleh motor ini, maka wajar saja jika harga yang di bandrol pada motor ini sangat mahal. Semua ini berkat hadirnya teknologi canggih dan fitur-fitur modern yang dihadirkan Yamaha pada motor andalannya, gelar motor hebat ini.

 

Rangka Yamaha R1

Sebagai sepeda motor dengan kapasitas mesin yang cukup besar dan bobot 199 kg, rasanya tidak seimbang jika ban yang digunakan hanya ban biasa. Untuk mengimbangi dimensi dan mesin yang relatif besar itu, Yamaha melengkapinya dengan rangka baja aluminium yang kokoh. Ban jenis ini merupakan ban jenis Deltabox dan ban jenis ini sudah terbukti sangat ringan namun sangat kuat untuk menopang mesin yang cukup besar dan juga spesifikasi lainnya pada motor yamaha ini. Dengan pembuatan dan rangka yang tersembunyi, tidak heran jika motor ini terkesan lebih mahal dari versi lamanya.

Sistem rangka akan lebih nyaman dikendarai pengendara, karena rangka tersebut dipadukan dengan suspensi garpu inverted 43mm bagian depan motor ini. Sedangkan bagian belakangnya dilengkapi dengan suspensi Single Shock/Piggy Back Reservoir dengan penyetelan 4 arah. Suspensi merupakan sistem suspensi yang tangguh dan handal di kelasnya. Berkat dua sistem suspensinya, motor sport ini lebih mudah bermanuver dan tetap stabil di tikungan lalu lintas meski dalam kecepatan tinggi.

 

System Brake Yamaha R1

Untuk menghentikannya yang terkenal dengan kecepatan dan kelincahannya, Yamaha kembali melengkapi motor sport ini dengan sistem pengereman berteknologi canggih. Dengan mengandalkan rem cakram di kedua rodanya, masing-masing memiliki ukuran 120/70ZR 17 M/C untuk roda depan dan ukuran 190/70ZR 17 M/C untuk roda belakang. Ada rem cakram hidrolik ganda dengan 4 piston dengan diameter 320 mm untuk rem depan. Sedangkan untuk rem belakang, menggunakan rem cakram hidrolik tunggal dengan diameter 220 mm.

Sistem pengereman ini dirancang khusus sebagai sistem pengereman tingkat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan penerapan teknologi canggih dari Yamaha yaitu Anti-lock Braking System (ABS) dan Unified Braking System (UBS). Kedua teknologi canggih tersebut akan bekerja secara bersamaan untuk mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman, terutama saat pengereman mendadak. Dengan banyaknya teknologi canggih yang diterapkan pada motor ini, tak heran jika Yamaha R1 dibanderol dengan harga yang mahal.

 

 

Spesifikasi Dan Harga

 

Engine

  • Engine Type: 4 Tak, 16 Valves, DOHC, Liquid Cooled
  • Cylinder Volume: 998 cc
  • Cylinder: 4 Silinder
  • Diameter x Langkah: 79 mm x 50,9 mm
  • Compression Comparison: 13,0:1
  • Maximum Power: 147.1 kW / 13.500 rpm
  • Maximum Torque: 112.4 Nm / 11.500 rpm
  • Starter System: Electrik Starter
  • Lubrication System: Basah
  • Combustion System: Fuel Injection dengan Teknologi YCC-T
  • Clutch Type:Multiplate Slipper Clutch
  • Transmission System: 6 Speed
  • Chain Type: O-Ring Chain
  • Oil Capacity: 3,9 L

 

Dimensions

  • P x L x T: 2.055 mm x 690 mm x 1.150 mm
  • Motor Wet Weight: 199 kg / 179 kg (kering)
  • Wheelbase: 1.405 mm
  • Lowest Distance to Ground: 130 mm
  • Bench Height: 855 mm
  • Trail: 101 mm
  • Fuel Tank Capacity: 17 L
  • Steering Angle: 24 Derajat

 

Frame

  • Frame Type: Deltabox Alumunium
  • Front Suspension: Inverted Fork 43 mm dari KYB
  • Rear Suspension: Single Shock / Piggyback Reservoir Dengan 4 Cara Penyetelan Dari KYB
  • Front Tire: 120/70ZR 17M/C
  • Rear Tire: 190/70ZR 17M/C
  • Front Brake: Cakram Hidrolik Ganda 4 Kaliber Piston Dengan Diameter 320 mm
  • Rear Brake: Cakram Hidrolik Tunggal Dengan Diameter 220 mm

 

Electricity

  • Ignition System: TCI

 

Harga Yamaha R1

  • Harga Yamaha R1 Baru: Rp. 605 Juta
  • Harga Yamaha R1 Bekas: Rp.,-
  • Harga Terbaru Yamaha YZF R1: –

 

Catatan:

Harga Yamaha R1 diatas merupakan harga OTR wilayah Jakarta

Harga Yamaha R1 diatas masih dapat berubah sewaktu-waktu

Harga Yamaha R1 di masing-masing wilayah bisa saja berbeda

 

Dari ulasan spesifikasi dan harga Yamaha R1 di atas, dapat kita simpulkan bahwa setiap produsen motor harus memiliki produk unggulan yang akan meningkatkan persaingan di pasar industri otomotif dalam negeri. Selain itu, Yamaha juga meluncurkan motor sport berkualitas tinggi yang mengusung teknologi canggih dari Yamaha serta fitur yang lengkap dan modern. Hal ini akan menambah daya tarik tersendiri bagi konsumen khususnya pecinta kecepatan tinggi. Untuk kisaran harga motor sport ini yang relatif mahal akan sepadan dengan kualitas dan kuantitas mesinnya.

Tidak semua motor memiliki teknologi mutakhir ini, Yamaha R1 Dengan mengusung konsep motor Gp, motor Yamaha R1 diharapkan mampu menunjukkan performa maksimal seperti Yamaha YZF – M1 yang menjadi andalan motor balap Yamaha di ajang balap. acara sepeda motor. Kemudian Yamaha R1 akan bersaing dengan kompetitor utamanya yaitu Kawasaki Ninja H2 yang sebelumnya diluncurkan oleh Kawasaki.