Toyota BZ4X Mobil Listrik Masa Depan | Berikut Penampakannya

oleh -140 Dilihat
Toyota BZ4X

StoryOto.com – Toyota BZ4X, Dengan berkembangnya zaman, industri otomotif mengharuskan segera beralih ke sistem penggerak listrik. Entah itu mobil listrik, mobil hybrid, atau mobil hybrid plug-in, tiba-tiba muncul tanpa sepatah kata pun. Jika trend pertumbuhan mobil listrik bergerak secepat saat ini, bukan tidak mungkin jumlah mobil listrik di dunia pada 2030 hampir menyamai jumlah mobil berbahan bakar konvensional.

Toyota dulunya adalah pemimpin dalam mobil hybrid dengan Prius-nya. Namun industri otomotif dunia memiliki selera yang berbeda. Itu sebabnya produsen mobil sekarang sibuk mengejar transisi ke mobil listrik secepat mungkin. Toyota merilis mobil BZ4X Concept sebagai sinyal kedatangan kendaraan listrik Toyota di masa depan.

Meski masih berupa konsep, kendaraan all-electric ini merupakan buatan Toyota pertama di era serba cepat ini. Untuk alasan pembuatannya, ada beberapa fakta menarik yang belum banyak diketahui orang.

Baca Juga: Mobil Terlaris Dan Paling Di Cari Di Indonesia

 

Eksterior Toyota BZ4X

Toyota BZ4X Memiliki tampilan eksterior atau desain yang terbaru, sangat berbeda dengan jenis kendaraan Toyota lainnya. Bahkan, ada sedikit drag pada garis bodi yang mirip dengan Toyota RAV4. Wajah mobil ini jelas bukan Toyota sama sekali.

Beberapa elemen desain otomotif yang kini banyak digunakan pada kendaraan listrik baru juga terlihat pada kendaraan ini. Misalnya, lampu belakang berada dalam satu garis yang terhubung dari kiri ke kanan. Kemudian spatbor roda juga diberi aksen hitam. Kemudian rasionya sekilas mirip crossover elektrik lain seperti Tesla Model Y atau Jaguar I-Pace.

 

Beyond Zero

Banyak yang penasaran dengan nama BZ4X. Sekarang kita bahas nama-nama mobil tersebut satu persatu. Angka “4” menjadi posisi atau bagian kendaraan ini di lini produksi kendaraan listrik nantinya. Hal yang sama berlaku untuk BMW Seri 3, Seri 5, dll. Huruf “X” merupakan singkatan dari pemilik dua motor listrik, atau pada mobil konvensional umumnya disebut AWD (all wheel drive).

Jadi apa artinya singkatan BZ di depannya? Ini yang paling menarik. BZ berarti melampaui nol. Ternyata inilah jawaban atas misteri program mobilitas berkelanjutan yang direncanakan Toyota yang sudah lama tersimpan. Artinya, Produsen Toyota bukan saja memproduksi mobil tanpa emisi, namun juga akan berencana untuk ke depan membangun fasilitas produksi mobil dengan sistem penggerak listrik yang tidak menghasilkan emisi karbon sama sekali.

Toyota berencana meluncurkan 15 mobil listrik baru pada 2025. Tujuh dari 15 mobil listrik nantinya akan mengemban tugas menyandang moniker BZ.

 

Platform E-TNGA

Kabar baik lainnya dari pengenalan Toyota BZ4X ialah menggunakan platform baru. Sahabat mungkin masih ingat bahwa Toyota baru-baru ini mengembangkan platform baru yang akan menjadi dasar atau struktur rangka untuk mobil Toyota terbaru yang disebut TNGA (Toyota New Global Architecture). mobil ini memberikan keleluasaan agar menerapkan konsep perpaduan fungsi, kenyamanan dan performa di setiap kendaraannya.

Kini platform yang digunakan Toyota BZ4X berbeda lagi. Bentuk struktur rangka khusus untuk kendaraan bertenaga listrik ini dikembangkan bersama dengan Subaru nantinya. Kemungkinan dalam waktu dekat subaru juga akan meluncurkan mobil listrik yang menggunakan platform ini.

Ini juga akan menjadi rumah bagi sistem penggerak listrik dan semua fitur kendaraan listrik masa depan Toyota yang disebut Platform E-TNGA.  Untuk kendaraan listrik dengan satu motor listrik atau dua motor listrik dengan dua atau empat roda seperti BZ4X, platform ini dapat digunakan.

 

Mobil Listrik Pertama Toyota

Sekali lagi, Toyota mempelopori mobil hybrid dengan Prius beberapa tahun lalu. Namun pabrikan Toyota juga tidak ingin terburu-buru memasuki era mobil listrik. Mengapa? sebab mereka ingin hal ini terjadi secara perlahan, oleh karena itu kenapa baru-baru ini Toyota memilih untuk merilis lebih banyak mobil hybrid plug-in.

Namun tekanan industri membuat Toyota tetap sejalan. Bahkan tanpa banyak waktu untuk mempersiapkannya, ada baiknya untuk akhirnya melihat salah satu produsen terbesar di dunia mengikuti perkembangan zaman dengan diperkenalkannya BZ4X. Yang sangat disayangakan saat ini Toyota belum merilis spesifikasi resmi dari BZ4X. Berapa daya baterai yang mampu mendorong mobil ini maju? Mungkin detailnya baru akan dirilis oleh Toyota setelah peluncuran versi produksi mobil ini pada tahun 2022 mendatang.

 

Kolaborasi Dengan Tesla

Belum lama ini, ada rumor bahwa Toyota berencana mengembangkan crossover kompak all-electric bekerja sama dengan Tesla. Rumor ini juga masuk akal, karena Toyota sudah menjadi salah satu pemilik terbesar saham Tesla.

Namun ternyata kasus ini hanya sebuah tenun ikat. Toyota BZ4X sepenuhnya dikembangkan oleh Toyota tanpa sedikit pun keterlibatan Tesla. Padahal, baru-baru ini Toyota menjual sahamnya di Tesla. Jadi sikap Toyota terhadap mobil listrik jelas bertentangan dengan Tesla.

 

Interior Toyota BZ4X

Masuk ke kabin BZ4X Concept dan sahabat akan disambut interior yang sama sekali tidak mirip Toyota. Dari bentuk lingkar kemudi hingga material kabin seluruhnya terbuat dari material terbarukan. Ternyata, ramah lingkungan mobil listrik terbaru Toyota ini memiliki misi yang lebih amanah. Tidak hanya memikirkan mulai dari proses produksi, penggunaan energi dan emisi, tetapi bahkan setelah residu atau setelah digunakan, mobil listrik diharapkan berdampak kecil terhadap lingkungan.

Penggunaan material, peralatan, dan fitur yang berkelanjutan di dalam kabin juga mengalami evolusi. Desain desainnya futuristik namun tidak terlalu aneh dan tetap eye-friendly. Intinya adalah meskipun baru, siapa pun yang pernah mengendarai mobil tahu secara intuitif apa tombol itu dan untuk apa tombol itu digunakan.

Namun satu hal yang menarik, Toyota melepas tuas perpindahan gigi dan menggantinya dengan pemilih gigi berupa cakram putar. Selebihnya Toyota menambahkan sentuhan konsep crossover, yakni double sunroof.

 

Bentuk Setir

Meski tidak ada sentuhan Tesla di mobil ini, namun yang unik dari Toyota BZ4X adalah setirnya tidak bulat. Bahkan, jika sahabat melihat sosok itu, itu terlihat seperti kemudi. Inspirasi yang sama telah diambil oleh Tesla untuk Model X dan Model S generasi terbaru. Meski memang membawa risiko keselamatan, Tesla telah diberi izin untuk menggunakan setir seperti ini secara legal.

Memiliki Toyota masih dalam tahap konsep. Namun dengan bentuknya yang sangat futuristik dan yang pasti mengubah konsep gaya bagaimana mobil dikemudikan. Setidaknya dengan sistem kemudi seperti ini Toyota akan memenuhi standar keselamatan.

Belum ada keputusan apakah setir ini akan diterjemahkan ke dalam versi produksi. Karena saat ini masih banyak negara yang peraturannya secara khusus melarang menyetir mobil dengan cara ini.

Toyota BZ4X juga memiliki setir tradisional seperti setir pada umumnya.

 

Detail Toyota BZ4X

Padahal, kita hanya bisa membahas mobil ini dengan melihat gambar atau fotonya saja. Namun jika diperhatikan, maka detail mobil ini akan terlihat sangat teliti. Misalnya, pada penutup penyimpanan di konsol tengah ada lampu LED biru yang keren! Meski menggunakan bahan terbarukan, namun tetap memberikan kesan yang mewah.

Jika melihat tombol-tombol pada interior mobil ini, BZ4X terlihat dikemas dengan banyak fitur. Mulai pada rem parkir elekrik dengan pemasangan yang otomatis, kemudian roda kemudi berpemanas, kamera 360 derajat, dan fungsi start satu pedal, bahkan hingga kursi berpemanas atau berpendingin.

Toyota belum merilis spesifikasi lengkap mengenai kelengkapan kendaraan ini. Jika versi produksinya terlambat, Toyota BZ4X diharapkan dilengkapi dengan beberapa sistem keselamatan dan fitur independen atau kemudi otomatis.

 

Siapa Rivalnya

Populasi dan jenis mobil listrik di dunia tidak begitu banyak. Apabila mobil ini dipasarkan tahun depan, siapa yang akan menjadi lawan Toyota BZ4X? namun secara global, segmen crossover elektik diisi dengan volkswagen ID.4 dan Ford Mustang Mach E. Banyak kendaraan listrik lainnya juga dapat dibandingkan secara adil, seperti Tesla Model Y dan Audi Q4 e-tron.

Sekarang kami memiliki diskon serupa. Lalu bagaimana jika kita melihat spesifikasi diskonnya? Sebagai gambaran, baik Ford Mustang Mach E maupun VW ID.4 mampu menempuh jarak hingga 321 km hingga baterai habis.

Padahal, ada banyak faktor yang mempengaruhi jarak start kendaraan listrik. Mulai dari kapasitas baterai yang ditampung mobil ini, seperti apa konfigurasi motor listriknya dan masih banyak elemen lainnya. Karena itulah Tesla Model Y diklaim mampu menempuh jarak hingga 482 km sekali terisi penuh.

 

Tanggal Peluncuran Dan Harga

Toyota tidak menyebutkan tanggal peluncuran atau harga nanti. Toyota juga tidak mengatakan akan merilis mobil ini untuk wilayah manapun, apakah akan dijual di Eropa, Amerika Serikat atau Jepang saja. Tentunya mobil ini bisa dibeli pada tahun 2022 mendatang.

Ada yang membuat perkiraan untuk harga mobil ini. Toyota BZ4X dikatakan dibanderol dengan harga sekitar $ 40.000 atau sekitar Rp. 580 juta. Untuk harga sama dengan harga VW ID.4 di Eropa. Mobil listrik termurah di Indonesia untuk saat ini berkisar Rp. 500 – Rp. 600 juta. Jadi, jika benar mobil listrik bagus seperti ini dijual dengan harga segitu, bukan tidak mungkin Toyota BZ4X nantinya bisa menjadi crossover elektrik terlaris di dunia.

Baca Juga: Perbedaan Mobil SUV dan MPV