Tesla Bikin Menko Marves Luhut Geram, Mau Bikin Pabrik Banyak Maunya

oleh -162 Dilihat
Tesla Bikin Menko Marves Luhut Geram, Mau Bikin Pabrik Banyak Maunya

StoryOto.com – Tesla membuat Menko Marves Luhut geram. Tesla dikatakan telah meminta sejumlah syarat untuk berinvestasi di Indonesia. Di sisi lain, Luhut meminta Tesla yang harus bisa memenuhi persyaratan yang diajukan pemerintah jika ingin masuk ke Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjitan menjelaskan, pabrik mobil listrik Tesla tertarik untuk kembali masuk Indonesia. Namun, pabrikan milik Elon Musk itu memberikan sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

Tesla Bikin Menko Marves Luhut Geram, Mau Bikin Pabrik Banyak Maunya
Pabrik Tesla

Sontak, permintaan tersebut membuat Luhut geram. Pasalnya, Tesla dua tahun lalu sudah menyatakan minatnya untuk berinvestasi di Indonesia, namun sayangnya batal. Padahal pemerintah disebut Luhut telah memberikan banyak kemudahan investasi.

Baca Juga: New Wuling Cortez 2022 Gunakan Fitur Canggih, Bisa Pakai Kunci dari HP

“Tesla mengatakan ingin membuat kesepakatan dengan kita. Saya bilang, ‘Hey, Anda itu dua tahun yang lalu sudah menelepon saya ingin membuat baterai lithium, semua mau mendikte, saya bilang, ‘You Cannot Do This’,” jelasnya beberapa waktu lalu di acara business matching yang digagas Kemenperin di Bali.

Luhut dengan tegas mengatakan Indonesia sudah memiliki kesepakatan bisnis dengan perusahaan baterai kendaraan listrik lainnya, yakni CATL dari China dan LG dari Korea Selatan.

Tesla Bikin Menko Marves Luhut Geram, Mau Bikin Pabrik Banyak Maunya
Elon Musk

Keduanya disebut Luhut menguasai sekitar 55 persen pasar baterai lithium dunia. Investasi kedua perusahaan tersebut diyakini akan mampu menjadikan Indonesia sebagai pemain global baterai lithium. Targetnya pada 2024, Indonesia sudah bisa memproduksi baterai lithium.

“Today Is Different, kita harus sama, saya bilang, Anda (Tesla) tidak bisa begitu lagi, This Country Is Not Banana Republic, This Country Is A Great Country,” lanjut Luhut.

Syarat Tesla Mau Masuk Indonesia

Luhut bukanya menolak, tetapi jika perusahaan Amerika Serikat itu mau masuk ke Indonesia, maka harus memenuhi syarat yang ditawarkan pemerintah. Kata Luhut, hal ini juga telah dilakukan untuk investor lain, termasuk China.

Tesla Bikin Menko Marves Luhut Geram, Mau Bikin Pabrik Banyak Maunya
Mobil Listrik Tesla

Jangan bikin persyaratan ke kami, saya yang membuat persyaratan untuk Anda, karena itulah yang saya lakukan ke China. China tidak pernah memberi syarat ke saya, saya yang memberikan syarat,” tegasnya lagi.

Baca Juga: Menko Luhut Bertemu Elon Musk, Apakah Tesla Jadi Bangun Pabrik Di RI?

Beberapa syarat yang diminta Luhut kepada investor asing, khususnya harus bisa melakukan transfer teknologi, penggunaan teknologi yang ramah lingkungan, wajib mendidik tenaga kerja lokal, dan memberikan nilai tambah.

“Kau mau nggak kalau kita harus B to B, harus transfer teknologi, harus first class technoogi, harus yang ramah lingkungan. Dia katakan mampu, oke deal,” pungkasnya.