Ternyata Kaca Mobil Audi Q4 e-tron Terbuat Dari Bahan Daur Ulang

oleh -222 Dilihat
Ternyata Kaca Mobil Audi Q4 e-tron Terbuat Dari Bahan Daur Ulang

StoryOto.com – Banyak produsen mobil di era elektrifikasi menggunakan bahan daur ulang untuk komponen produknya. Hal ini untuk memperkuat kesan ramah lingkungan, sekaligus menjaga kelestarian bumi. Belum lama ini, Audi dan mitranya berkolaborasi dalam project berupa kaca mobil Audi Q4 e-tron yang terbuat dari bahan daur ulang.

Tentunya untuk membuat kaca Audi Q4 e-tron dari bahan daur ulang, menggunakan bahan berupa kaca yang juga diambil dari pecahan kaca mobil yang tidak layak digunakan. Di sini, Audi bermitra dengan Reiling Glass Recycling sebagai jaringan Volkswagen Group yang bertugas mengumpulkan komponen yang tidak terpakai.

Kaca Mobil Audi Q4 e-tron Ternyata Terbuat Dari Bahan Daur Ulang

Kemudian, kaca mobil tua yang tidak terpakai dipisahkan dari komponen pendukungnya, seperti pelat aluminium, glasir, dan komponen pemanas kaca untuk mengambil kaca murni saja. Untuk menghilangkan aditif di kaca mobil, dilakukan proses magnetik, pemisah logam non-ferrous, unit ekstraksi dan unit sortasi elektro-optik digunakan.

“Hingga saat ini, sebagian besar bahan daur ulang (kaca mobil) telah diubah menjadi botol minuman, dan kaca mobil harus memenuhi persyaratan yang paling ketat, misalnya dalam hal keselamatan kecelakaan. Tuntutan ini tidak berlaku untuk botol,” Klaim ini disampaikan oleh Daniel Rotwinkel, manajer pabrik di Reiling Glas Recycling.

Baca Juga: 21 Mobil Pintu Ke Atas Mulai Dari Termurah Hingga Termahal 2022

Pecahan kaca yang sudah disortir menurut warna dan jenisnya kemudian dipindahkan ke Saint-Gobainn Glass yang bertugas mengubahnya menjadi kaca lembaran. Untuk mencapai hal ini, anak perusahaan tersebut juga mencampurkan berbagai senyawa kimia seperti pasir kuarsa, natriumkarbonat dan kapur dengan proporsi yang berbeda mulai dari 30 hingga 50 persen.

Selanjutnya, bagian dari Saint-Gobain Glass, yakni Saint-Gobain Sekurit mengubah lembaran kaca menjadi komponen yang sesuai dengan spesifikasi kaca mobil khususnya Audi Q4 e-tron, dengan melakukan proses tambahan.

“Bagi kami, siklus pembuatan jendela mobil baru dari yang lama ini merupakan langkah penting menuju produksi kaca mobil dengan cara yang menghemat sumber daya dan energi. Kami baru mulai melihat kaca daur ulang, jadi kami berharap akan ada lebih banyak peluang untuk perbaikan,” ungkap Dr. Markus Obdenbusch, Manager produksi yang bertanggung jawab atas Saint-Gobain,

Anak perusahaan itu menargetkan proyek percontohan dengan Audi untuk memproduksi 40 ton kaca mobil daur ulang. Mereka mengklaim bahwa perusahaan akan mengeluarkan hingga 75 ton CO2 lebih sedikit dari produksi secara biasa.

Proyek percontohan kaca daur ulang Audi Q4 e-tron yang digagas oleh perusahaan asal Jerman dan mitranya tersebut akan berjalan selama satu tahun, dengan tujuan agar mereka dapat mengevaluasi kualitas, stabilitas, dan biaya yang dikeluarkan.

Baca Juga: Apa Perbedaan Mesin Bensin Dan Diesel, Ini Kelebihan Dan Kekurangan

Jika hasilnya memiliki nilai ekonomi, dan memiliki dampak lingkungan yang baik, maka kaca mobil yang terbuat dari bahan daur ulang akan digunakan pada Audi Q4 e-tron series.