Syarat Mudik Lebaran Dan Pulang Kampung Bersama Keluarga 2022

oleh -242 Dilihat
Syarat Mudik Lebaran 2022

StoryOto.com – Syarat mudik lebaran 2022, Momen liburan hari raya idul fitri yang sebentar lagi datang akan menjadi kabar gembira bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Terutama bagi mereka yang jauh dari keluarga di kampung halaman.

Karena ketika momen tersebut tiba, banyak orang yang memilih mudik lebaran untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat merayakan hari raya idul fitri. Sayangnya, dua tahun tahun terakhir ini, kita menyadari bahwa bahwa harus kehilangan momen tersebut.

Pasalnya, situasi Covid-19 belum begitu membaik. Namun, setelah lebih dari dua tahun, pemerintah telah melarang mudik lebaran, dan akhirnya tahun ini kita dapat merasakan kabar baik bahwa pemerintah benar-benar mengizinkan untuk melakukan mudik lebaran.

Dengan adanya kabar ini, tradisi tahunan masyarakat Indonesia tentunya akan kembali hadir untuk memeriahkan momen libur lebaran tahun ini. Secara keseluruhan, hanya saja diperbolehkannya mudik lebaran tahun ini bukan tanpa syarat.

mengapa? Karena menurut kabar yang beredar di media-media besar di tanah air. Setidaknya ada beberapa syarat mudik lebaran bersama anak dan keluarga yang harus dipatuhi oleh setiap masyarakat agar bisa pulang kampung dengan aman dan selamat.

 

Mudik lebaran boleh dilakukan?

Bicara mudik lebaran bisa atau tidak, seperti yang dilansir di atas. Pemerintah telah mengumumkan melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginformasi bahwa mudik lebaran tahun ini diperbolehkan.

Namun, ada syarat untuk dipatuhi para pemudik, termasuk yang membawa anak-anak. Diperbolehkannya tradisi mudik lebaran untuk merayakan momen liburan bersama keluarga tentu menjadi kabar baik.

Dan diperbolehkannya acara mudik lebaran bagi yang bekerja di luar pulau tentu saja karena kegigihan masyarakat untuk selalu patuh dan taat pada protokol Covid-19.

Dimana dari semua hasil ini membuat peningkatan jumlah kasus penularan dan penyebaran virus Corona di Indonesia mulai membaik. Hasilnya, kita bisa mendengar kabar baik ini hari ini.

 

Syarat mudik lebaran

Nah, berbicara soal syarat mudik lebaran yang dikeluarkan pemerintah kepada masyarakat Indonesia, bisa dikatakan lebih fleksibel jika dibandingkan dengan syarat mudik lebaran tahun-tahun sebelumnya.

Patut dicatat bahwa pemerintah hanya memberikan 3 syarat utama bagi pemudik untuk bisa merasakan hari raya idul fitri bersama keluarga di rumah. Di mana pun ketiga syarat tersebut, tetap terkait erat dengan protokol kesehatan Covid-19. Bagi yang akan mudik lebaran tahun ini, berikut syarat mudik lebaran yang harus sahabat persiapkan.

1. Pemudik sudah vaksin booster

Meski bisa dikatakan kasus Covid-19 di Indonesia mulai menunjukkan perkembangan ke arah yang lebih baik. Namun, pemerintah tetap mewaspadai tingginya risiko penularan saat mengizinkan mudik lebaran tahun ini.

Nah, bagi para pemudik yang ingin pulang kampung bersama anak-anaknya. Jadi syarat pertama yang harus dilakukan adalah vaksin ketiga atau booster.

2. Pemudik belum mendapatkan vaksin booster harus antigen

Apakah pemudik yang belum melakukan vaksin booster dicegah untuk pulang? Demikian penjelasan dari pemerintah dan Menteri Kesehatan RI. Mudik tahun ini masih diperbolehkan bagi semua masyarakat.

Termasuk mereka yang melakukan vaksin dosis pertama atau kedua. Hanya saja bagi masyarakat yang baru vaksin 1 dan 2, untuk bisa mudik harus menjalani tes antigen dan menunjukkannya kepada petugas di jalan.

3. Tunjukkan hasil PCR negatif saat vaksin baru 1x

Lain halnya jika pemudik beru melakukan vaksin dosis pertama. Mereka kemudian diminta menunjukkan hasil tes PCR negatif Covid-19. Kemudian perjalanan mudik akan dapat dilanjutkan dan tidak akan dicegat dan diputarbalikkan oleh petugas lapangan.

Jadi, pastikan ketika sahabat melakukan perjalanan pulang kampung dengan mobil pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti kapal, bus atau pesawat, pastikan untuk melakukan hal-hal di atas.

 

Jenis transportasi yang diperbolehkan

Berikut beberapa jenis transportasi yang diperbolehkan sebagai jalan pulang atau pulang.
Pesawat, kapal, sepeda motor pribadi, mobil pribadi, bus, kereta api, travel, dll.

Di antara sekian banyak jenis transportasi yang kami sebutkan di atas, setidaknya banyak orang memilih menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta api. Selain mudah ditemukan, harga tiket bus lebaran biasanya cukup terjangkau jika dibandingkan dengan yang lain.

 

Jadwal libur lebaran terbaru

Kami yakin sebagian besar masyarakat sudah tidak sabar menunggu libur hari raya idul fitri tahun ini untuk mudik dan berkumpul bersama keluarga merayakan lebaran. Apalagi seperti yang kami sampaikan di atas, syarat mudik lebaran tahun ini agak mudah.

Namun pastikan juga kamu mengetahui jadwal liburan tahun ini agar bisa lebih mempersiapkan segala bekal untuk mudik lebaran. Nah, berikut ini kami sudah siapkan detail jadwal libur lebaran terbaru yang harus sahabat ketahui.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) yang sudah resmi dikeluarkan, hari libur nasional 2022 dan cuti bersama tahun 2022 dijadwalkan pada 2 – 3 Mei 2022, tepat pada hari senin dan selasa.