Simak Cara Pilih Oli Mesin Diesel Yang Benar dan Jangan Asal Beli

oleh
Cara pilih Oli mesin diesel terbaik

StoryOto.com – Memilih oli mesin yang tepat adalah salah satu cara merawat mesin diesel modern. Untuk bisa memilih oli yang tepat, ada beberapa cara yang bisa digunakan.

Menurut Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants, ada beberapa cara tepat saat memilih oli mesin diesel. Salah satunya mengikuti rekomendasi spesifikasi yang dikeluarkan oleh pabrikan kendaraan.

Baca Juga: Oli Motor Yang Bagus Dan Terbaik Untuk Perjalanan Jauh, Ini Daftarnya

“Kalau bingung menentukan spesifikasi oli apa yang dibutuhkan mesin, bisa melihat buku manual atau servis kendaraan. Apalagi mesin diesel modern saat ini sudah menggunakan turbo, dan sebaiknya menggunakan oli yang sesuai dengan turbocharger,” ujarnya kepada kami, jumat (29/7/2022).

Oli mesin mobil
Ilustrasi mengganti oli mesin mobil

Menurut Brahma mesin diesel modern yang dibekali turbo membutuhkan pendinginan mesin yang maksimal. Untuk itu diperlukan oli mesin yang memenuhi spesifikasi pabrikan yang memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi.

Cara kedua terlepas dari spesifikasi pabrikan adalah dengan melihat kandungan pada oli tersebut.

“Ada bahan mineral atau sintetik. Untuk oli diesel modern sebaiknya menggunakan oli dengan komponen dasar mineral untuk memberikan perlindungan yang maksimal,” sambungnya.

Baca Juga: 12 Pilihan Dan Harga Oli Terbaik Untuk Motor Matic Injeksi Di Indonesia

Salah satu oli yang cocok untuk mesin diesel modern adalah Fastron Diesel 15W-40.

Pelumas produksi Pertamina tersebut mengandung spesifikasi API CI-4, sehingga cocok untuk mesin diesel modern terutama yang menggunakan teknologi commonrail.

“Oli Fastron diesel ini memiliki keunggulan yaitu teknologi NanoGuard yang dapat melindungi lebih lama, terutama yang memiliki teknologi commonrail injection atau memiliki Exhaust Gas Recirculation (EGR) dengan turbocharger,” kata Brahma.

Jenis oli mesin diesel
Ilustrasi oli mesin diesel

Pelumas tersebut dinilai mampu menetralisir asal dari hasil pembakaran yang disebut dengan Total Base Number (TBN). Untuk oli mesin diesel umumnya memiliki angka TBN >10mg KOH/g.

Asam tersebut berasal dari pembakaran sulfur yang terkandung dalam bahan bakar dan bersifat korosif, sehingga oli harus diganti secara rutin karena lama-kelamaan angka TBN ini akan menurun seiring penggunaan.

“Dengan daya pelumas yang maksimal tentunya akan meminimalisir gesekan di ruang mesin. Hasilnya performa mesin diesel modern akan terjaga dan lebih awet dalam pemakaian waktu lama,” pungkas Brahma.

Baca Juga: Motul Indonesia Ikut Berpatisipasi Dalam Ajang MotoGP Mandalika 2022

Kandungan zat tersebut juga dinilai mampu meredam getaran dan mengurangi kebisingan pada mesin.

Menggunakan oli yang tepat tentu bisa memberikan kedua efek tersebut, meski tidak bisa hilang sepenuhnya terutama pada mesin yang memiliki getaran dan suara tinggi.