Siapa Arsitek Sirkuit Mandalika? Ternyata Ini Dia Sosok Perancangnya

oleh -435 Dilihat
arsitek sirkuit mandalika

StoryOto.com – Arsitek Sirkuit Mandalika, Musim MotoGP 2022 akan segera dimulai. Berbeda dengan musim-musim sebelumnya, musim 2022 kali ini banyak sekali hal-hal seru yang harus kita ketahui.

Salah satunya adalah Indonesia yang kembali masuk dalam kalender MotoGP sebagai tuan rumah balapan bergengsi ini. Berita tersebut tentunya menjadi pembahasan di berbagai kalangan.

Mengingat terakhir kali Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP adalah sekitar 25 tahun yang lalu pada kisaran tahun 1996 dan 1997. Saat itu, Sirkuit Sentul di Bogor, Jawa Barat menjadi ajang pertarungan sengit para rider MotoGP.

Namun, di kalender MotoGP 2022, Sentul bukan lagi menjadi pilihan para pembalap untuk menjadi lintasan, melainkan Sirkuit Internasional Mandalika yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain keindahannya yang begitu menarik karena lokasinya yang berada di tepi pantai, salah satu hal yang sering dipertanyakan adalah siapa arsitek Sirkuit Internasional Mandalika yang mampu mendesain dan membuat sirkuit kebanggaan Indonesia ini begitu luar biasa.

Baca Juga: Daftar Sirkuit MotoGP Di Dunia Beserta Lokasi Dan Panjang Lintasan

 

Siapa Arsitek Sirkuit Internasional Mandalika?

Siapakah arsitek di Balik Sirkuit Internasional Mandalika yang indah dan megah menjadi pertanyaan bagi banyak orang kita. Jika sahabat penggemar motor MotoGP ataupun sahabat hanya penasaran dengan arsitek Sirkuit Internasional Mandalika, berikut penjelasan selengkapnya.

Menjadi salah satu lintasan yang siap memanjakan para pembalap MotoGP seperti Marc Marquez, Pol Espargaro, Franco Morbidelli, Fabio Quartararo, Jack Miller dan lainnya. Sirkuit Internasional Mandalika memberikan kesan yang berbeda jika dibandingkan dengan lintasan MotoGP lainnya.

Pasalnya, dalam pembangunannya, Sirkuit Mandalika dibuat dan didesain dengan mengusung konsep jalanan. Bisa dikatakan Sirkuit Internsional Mandalika menjadi arena balap internasional pertama yang mengusung konsep sirkuit jalanan.

Tentu saja konsep lintasan seperti ini tidak mudah untuk digarap, sehingga untuk menyukseskan pembangunan Sirkuit Internasional Mandalika, pemerintah Indonesia telah menjanjikan jasa arsitek asal Inggris bernama Populous.

Bagi masyarakat umum, mendengar namanya mungkin sudah sangat asing. Namun bagi yang mungkin pernah berkecimpung di dunia arsitek, pasti sudah tidak asing lagi dengan arsitek yang satu ini.

Populous sendiri adalah salah satu firma arsitektur terkemuka yang telah memiliki nama besar dengan pengalaman lebih dari 30 tahun dalam layanan arsitektur khusus untuk fasilitas dan infrastruktur olahraga kelas dunia.

 

Karya Arsitek Populous

Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun menjadi firma arsitektur ternama, Populous setidaknya tidak hanya berhasil membuat dan mendesain Sirkuit Internasional Mandalika yang megah.

Masih banyak karya-karya mewah dan indah lainnya yang diciptakan oleh tangan Populous. Untuk menambah pengetahuan sahabat, berikut adalah beberapa karya mewah dan indah dari Arsitek Terpopuler yang telah berhasil membangun Sirkuit Internasional Mandalika.

  • Stadion Wembley, terletak di Wembley Park, London Borough of Brent, Inggris.
  • Stadium Tottenham Hotspur, terletak di London N17 0BX, Inggris Raya.
  • Dubai Autodrome dan Business Park.
  • Circuit Silverstone, terletak di Silverstone, Inggris.
  • The Circuit of Wales.
  • The London Grand Prix melalui Concept Presented The London Grand Prix Concept Presented by Santander.
  • Stadium Emirates.
  • Stadium Etihad Expansion dan Tunel Club.
  • Stadium Marvel.
  • dll.

Baca Juga: Panjang Sirkuit Mandalika, Ini Panjang Lintasan Balap MotoGP Indonesia

Fakta Menarik Sirkuit Internasional Mandalika

Setelah mengetahui siapa tokoh arsitek Sirkuit Internasional Mandalika dan beberapa karya indah dan mewah yang bertebaran di berbagai negara. Sebagai masyarakat Indonesia, tentunya kita patut bangga memiliki sirkuit dengan skala internasional.

Bahkan dalam waktu dekat atau tepatnya 20 Maret 2022, sirkuit pertama MotoGP ini akan menjadi saksi bisu pertarungan sengit para pembalap MotoGP di babak kedua musim 2022 untuk memperebutkan poin.

Bahkan dengan suksesnya pembangunan salah satu sirkuit berskala internasional ini, ada beberapa fakta menarik yang mungkin belum sahabat ketahui banyak tentang Sirkuit Internasional Mandalika.

Karena itu, setelah mengetahui seperti apa tokoh arsitek Sirkuit Internasional Mandalika seperti di atas, kami sampaikan. Berikut beberapa fakta menarik seputar Sirkuit Internasional Mandalika.

  • Pertamina Mandalika International Street Circuit dikerjakan secara detail dan presisi menggunakan jasa firma
  • arsitektur asal Amerika Serikat bernama Populous.
  • Panjang lintasan Sirkuit Mandalika adalah 4,31 km.
  • Memiliki 17 tikungan yang membuat pertempuran sengit para pembalap semakin seru.
  • Fakta menarik berikutnya adalah ada motif tenun Sasak di area run off dengan motif merah putih.
  • Dapat menampung 195.000 penonton (kondisi normal) dan 114.000 penonton (kondisi pandemi).
  • Memiliki 50 garasi untuk pembalap yang terbagi dalam 3 lantai.
  • Dikelilingi oleh pemandangan Samudera Hindia yang menakjubkan.
  • Lapisan bawah menggunakan aspal lokal dan lapisan atas menggunakan aspal dari Inggris.
  • Sirkuit Mandalika mencatatkan 3 rekor MURI sekaligus, salah satunya adalah sirkuit pertama dengan standar
  • Federation Internationale de Motorcyclisme.