Race MotoGP Mandalika Akan Digelar Selama 27 Lap, Ini Alasannya

oleh -376 Dilihat
MotoGP Mandalika

StoryOto.com – Dalam sepekan lagi MotoGP Mandalika akan berlangsung di Indonesia, tepatnya di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. 18-20 Maret 2022 akan menjadi hari bersejarah mengingat Indonesia kembali menggelar MotoGP 25 tahun lalu. Namun tahukah sahabat bahwa MotoGP Mandalika akan digelar selama 27 lap. Tentu saja, jumlah putaran sangat penting mengingat kita biasanya hanya 20 atau 22 putaran. Tapi tentunya ada alasan khusus kenap MotoGP Mandalika digelar sebanyak 27 lap.

Jumlah lap tidak ditentukan tanpa alasan, mengingat hal ini sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh FIM selaku penyelenggara MotoGP. Peraturan mereka menyatakan bahwa balapan harus berlangsung selama 40 hingga 45 menit dengan jarak 100 hingga 130 km. Mengacu pada regulasi, trek Mandalika akan menggelar balapan 27 putaran dengan lintasan sepanjang 4,3 km. Dengan begitu, balapan akan digelar di Mandalika dengan jarak tempuh 113 km.

Baca Juga: Jadwal MotoGP 2022 Dan Waktu Tayang Terlengkap Seri Terbaru

Jumlah putaran tersebut mirip dengan Sirkuit Ricardo Tormo, Sirkuit Phillip Island, Sirkuit Le Mans Bugatti, dan Sirkuit Misano. Jumlah putaran sebanyak 27 lap karena keempat sirkuit tersebut memiliki panjang lintasan sekitar 4 km. Catatan waktu tercepat di Sirkuit Mandalika juga serupa dengan catatan waktu di sirkuit dengan rentang panjang lintasan yang sama. Pada tes pramusim Mandalika, Pol Espargaro (Repsol Honda Team) berhasil mencatatkan waktu terbaik 1 menit 31,060 detik. Sementara itu, waktu terbaik di Sirkuit Ricardo Tormo dicetak oleh Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) dengan catatan waktu 1 menit 31,042 detik.

Pecco juga mencatatkan waktu yang nyaris sempurna di Misano dengan catatan waktu 1 menit 32,171 detik. Tentu saja, balapan selama 27 putaran di Mandalika akan sangat menyenangkan untuk dinikmati mengingat berbagai kemungkinan dan duel yang bisa terjadi di antara para pembalap. Selain itu, akan menarik untuk melihat siapa yang akan menjadi pembalap pertama yang memenangkan MotoGP Mandalika musim ini.

Baca Juga: Repsol Honda Team Nyatakan Siap Tempur Di Sirkuit Mandalika