Perbedaan Tipe Suzuki XL7, Pilih Alpha, Beta Atau Zeta?

oleh -301 Dilihat
Perbedaan Tipe Suzuki XL7, Pilih Alpha, Beta Atau Zeta?

StoryOto.com – Dikembangkan dari Ertiga, Suzuki XL7 hadir sebagai Low SUV 7-seater tangguh. Bagi sahabat yang ingin mengenal tipe Suzuki XL7, mobil ini ditawarkan dalam tiga varian, Alpha, Beta, dan Zeta.

Diperkenalkan pada Februari 2020, Suzuki XL7 tak sekedar tampil garang. Ternyata mobil ini juga memiliki karakter SUV yang terlihat stylish dan modern.

Soal harga, per April 2022 ini Suzuki XL7 dijual mulai dari Rp.251,8 juta hingga Rp.290,1 juta. Ingin tahu apa saja perbedaan dari masing-masing tipe Suzuki XL7? Simak ulasan berikut ini.

Suzuki XL7 Zeta

Perbedaan Tipe Suzuki XL7, Pilih Alpha, Beta Atau Zeta?
Tipe Suzuki XL7 Zeta

Sebagai yang termurah, tipe Suzuki XL7 Zeta secara tampilan terlihat sangat mewah. Di mana pada fasciannya sahabat menemukan adanya list krom yang dibagi dalam dua bilah, dan seolah tampaknya terhubung ke lampu utama bold LED with DRL auto on.

Tak hanya itu, guna meningkatkan visibilitas mengemudi, di bagian bumper juga telah disematkan dengan foglamp. Agar terkesan tangguh, pada bagian bemper mobil ini dilengkapi dengan underguard yang ditabur warna silver.

Melihat ke samping, tipe Suzuki XL7 terendah ini dilengkapi dengan lampu sein pada cover kaca spion, body cladding berkelir hitam, side skirt bertabur warna silver, velg alloy berukuran 16 inci two-tone, handle pintu yang dicat sewarna bodi, dan roof rail pada atapnya. Pada bagian belakang, Suzuki XL7 Zeta stoplampnya sudah menggunakan teknologi LED namun tidak bisa sampai ke atas.

Baca Juga: PT SIS Pamerkan Suzuki XL7 Dan Gixxer Terbaru Pada Ajang IIMS 2022

Berikutnya pada bagian interior, warna hitam mendominasi semua tipe XL7. Sedangkan untuk joknya, varian XL7 termurah ini mendapatkan bahan fabric di tengah yang dikombinasi dengan kulit sintetis di bagian samping. Mengenai sistem hiburan, varian ini dilengkapi dengan head unit layar sentuh berukuran 8 inci dengan tampilan floating, serta sistem pendingin udara digital.

Selain itu, untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan setiap penggunanya, penumpang tengah memiliki arm rest dan power outlet di baris pertama dan kedua yang dapat digunakan untuk mengisi daya tambahan ke perangkat.

Bicara soal fitur keselamatan, tipe Suzuki XL7 termurah ini telah didukung oleh struktur rangka dengan platform Heartect, ABS, EBD, dual SRS airbag, rear camera, ISOFIX, immobilizer, side-impact beam, child-proof door lock, reversing sensor, dan security alarm, serta Tect Body yang dapat meredam dan menyebarkan energi benturan akibat tabrakan.

Suzuki XL7 Beta

Perbedaan Tipe Suzuki XL7, Pilih Alpha, Beta Atau Zeta?
Tipe Suzuki XL7 Beta

Tipe Suzuki XL7 Beta adalah varian yang dikombinasi antara zeta dan alpha. Sebagai tipe menengah, di bagian eksteriornya mobil ini mendapatkan fitur tambahan berupa aksen chrome pada handle pintu, spion retractable, stoplamp yang menyala hingga ke atas dan defogger. Untuk warna, tipe Beta dan Zeta hadir dengan empat pilihan, yaitu, prime cool black, peral snow white, met magma grey, dan pearl burgundy red.

Sementara dari segi kenyamanan berkendara, interiornya pun terasa lebih mewah berkat pengaplikasian beberapa akses. Untuk setirnya sendiri dilengkapi dengan fitur switch audio control yang berbalut kulit, 2 tweeter melengkapi 4 speaker utama, AC digital dengan fitur auto climate dan heater, serta tombol start/stop button dengan keyless entry.

Baca Juga: Suzuki Ertiga 2022 Resmi Meluncur, Pakai Mesin Hybrid & Fitur Canggih

Tak hanya itu, tipe Suzuki XL7 Beta mendapat tambahan power outlet di baris ketiga, ventilated cup holder di konsol tengah, dan armrest dilorong tengah antara pengemudi dan penumpang depan.

Kemudian untuk fitur keselamatan berkendara, varian ini sama dengan Zeta. Hanya saja mendapat tambahan berupa Electronic Stability Programme (ESP), dan sistem Hill Hold Control (HHC) yang terdapat pada transmisi otomatis.

Suzuki XL7 Alpha

Perbedaan Tipe Suzuki XL7, Pilih Alpha, Beta Atau Zeta?
Tipe Suzuki XL7 Alpha

Yang terakhir adalah tipe Suzuki XL7 Alpha. Ini adalah varian termahal di keluarga Suzuki XL7 yang memiliki fitur lengkap dan tampilan lebih mewah. Terlihat dari luar, mendapat tambahan talang air, aksen krom di plat nomor, logo Alpha, dan sill guard.

Sedangkan pada bagian dalamnya sama saja dengan tipe Beta. Hanya saja tipe Suzuki XL7 Alpha mendapat tambahan fitur Smart E-Mirror.

Bagi sahabat yang belum tahu, Smart E-Mirror ini berfungsi sebagai kaca spion digital yang dibekali dengan dua kamera yang ditempatkan di kaca spion tengah dan di belakang mobil. Secara fungsional untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara, dengan Smart E-Mirror ini memungkinkan pengemudi melihat dengan jelas situasi di belakang mobil tanpa terhalang oleh kondisi di dalam mobil, seperti penumpang yang penuh, dan muatan yang menumpuk.

Baca Juga: Ini Wujud Pendatang Baru e:NS1 dan e:NP1 kembaran Honda HR-V Listrik

Tidak hanya itu, fitur ini juga bisa sekaligus merekam kondisi di depan dan belakang mobil sehingga bisa digunakan sebagai dash cam. Jika fitur kamera dinonaktifkan, Smart E-Mirror dapat digunakan seperti spion tengah biasa yang dapat menampilkan kondisi di dalam kendaraan.

Sebagai informasi tambahan, Alpha ditawarkan dalam empat pilihan warna, prime cool black, prime show white, rising orange + black, dan brave khaki + black.