Panjang Sirkuit Mandalika, Ini Panjang Lintasan Balap MotoGP Indonesia

oleh -240 Dilihat
panjang sirkuit mandalika

StoryOto.com – Jadwal dan lintasan balap MotoGP musim 2022 sudah dirilis beberapa waktu lalu. Musim balapan 2022 memiliki banyak catatan menarik, termasuk masuknya Sirkuit Internasional Mandalika (Mandalika) dalam kalender MotoGP musim 2022.

Ada 21 sirkuit yang terdaftar digunakan untuk ajang MotoGP 2022. Dari 21 sirkuit ini, setidaknya 10 memiliki jalur terpanjang.

Selain tikungan, panjang lintasan sendiri merupakan bagian penting dari lintasan sirkuit MotoGP. Dengan lintasan yang panjang, setidaknya memberi ruang bagi pembalap untuk melakukan aksi menyalip.

Silverstone merupakan sirkuit dengan lintasan terpanjang dalam kalender sepeda motor 2022. Sirkuit yang terletak di Inggris ini mencapai 5,90 kilometer. Sirkuit ini dilengkapi dengan 18 tikungan dengan 10 tikungan kanan dan 8 tikungan kiri, menjadikan Silverstone sebagai sirkuit dengan tikungan terbanyak kedua setelah Circuit of the Americas, Austin-Texas, Amerika Serikat.

Tidak hanya yang terpanjang, sirkuit ini juga memiliki lebar, dengan lebar lintasan 17 meter. Alhasil, karakter Silverstone kurang lebih menyamai kemampuan semua motor MotoGP.

Juara II Sirkuit Sepang, Malaysia. Sirkuit Kebanggaan Malaysia memiliki panjang 5,54 km. Tempat ketiga kemudian diisi dengan Circuit of the Americas. Panjang sirkuit yang digunakan untuk berbagai jenis balapan adalah 5,51 kilometer.

Dua sirkuit yang terletak di negara bagian Matador, Spanyol juga masuk dalam daftar. Circuit de Aragán berada di urutan keenam dengan panjang 5,07 km, lalu Circuit de Catalunya di urutan kesembilan dengan panjang 4,65 km.

Sementara dari 21 sirkuit yang digunakan, Sirkuit Mandalika menempati urutan ke-18, dengan panjang lintasan 4,31 kilometer dan lebar 15 meter.

Baca Juga: Harga Dan Cara Pesan Tiket MotoGP Sirkuit Mandalika Lombok

Meski hanya menempati peringkat ke-18 dari segi panjang lintasan, jumlah tikungan di Sirkuit Mandalika termasuk yang tertinggi. Pembalap Sirkuit Mandalika harus mengatasi 17 tikungan dengan 11 tikungan di kanan dan 6 di kiri.

Selain itu, Sirkuit Internasional Mandalika ini memiliki dua jalan servis yaitu jalan servis internal dengan panjang 3,8 km dan lebar 14 m. Ada juga jalan servis eksternal dengan panjang 4,32 kilometer dan lebar 14 meter. Dan jangan lupa tentang garis pit, panjang 835 meter dan lebar 14 meter.

Paddock di arondisemen ini terdiri dari 40 garasi. Dengan luas bangunan 13.700 meter persegi (m2), masing-masing garasi memiliki lebar 5,24 meter dan panjang 18,34 meter.

Paddock ini terdiri dari tiga lantai dengan stand VVIP dan media center di lantai dua. Kemudian di lantai tiga, arena digunakan untuk sepatu dan pusat kesehatan untuk para pembalap.

Berbicara tentang bangku, kapasitas Grand Stand Seating Street di Sirkuit Mandalika adalah 50.000 kursi. Sedangkan area non-duduk (stand berdiri) mampu menampung hingga 145.700 orang. Kapasitas ini terbanyak kedua di dunia, melampaui Sirkuit Silverstone dan Sirkuit Sepang.

Menariknya, jalur sirkuit ini dibangun menggunakan teknologi pengaspalan modern bernama stone mastic asphalt (SMA). Dengan teknologi ini, daya penetrasi aspal sangat tinggi sehingga tidak mudah bagi pembalap untuk licin atau terpeleset karena hujan.

Memandang keluar, lingkaran ini dikelilingi oleh tempat-tempat wisata dengan pemandangan yang indah bagi yang melihatnya. Sebut saja seperti hamparan pantai berpasir putih, deretan perbukitan, dan pemandangan Mandalika yang indah. Area outdoor ini merupakan keistimewahan Sirkuit Mandalika.

Selain itu, ada juga tempat wisata resmi yang rencananya akan menjadi sumber pendapatan negara dari sektor pariwisata. Diantaranya Pantai Tanjung Aan, Bukit Merese, Pantai Seger, Pantai Gerupuk, Pantai Kuta Mandalika, hingga kampung adat seperti Sade dan Ende.

Berbicara pendapatan ekonomi, dari satu event balap global di sirkuit ini diperkirakan akan menghasilkan multiplier effect hingga Rp 500 miliar. Selain itu diharapkan penyerapan tenaga kerja menjadi 7.950 orang dan peningkatan produk UMKM dengan penambahan tenaga kerja sekitar 3.000 orang.

Selain untuk meningkatkan citra Indonesia di mata dunia internasional, kehadiran Sirkuit Mandalika juga memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian masyarakat, termasuk penduduk setempat.

Baca Juga: Tiket Sirkuit Mandalika Telah Tambah 4 Titik Lokasi Terbaru, Cek Lokasinya