Mobil Baru Atau Mobil Bekas? Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli

oleh -149 Dilihat
mobil baru atau mobil bekas

StoryOto.com – Mobil Baru Atau Mobil Bekas? Memiliki mobil untuk saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan. Terutama bagi mereka yang tinggal dan bekerja dari jarak jauh. Dengan peminat yang tinggi menjadi suatu alasan untuk membeli kendaraan maupun itu mobil atau motor.

Dari segi kenyamanan berkendara, mengingat minimnya curah hujan dan panas, mobil pribadi lebih nyaman ya. Namun perlu diketahui membeli mobil baru tidak lah mudah disebabkan harganya yang mahal. Itu sebabnya kenapa mobil bekas sering menjadi pilihan.

Nah, di sini ada dua pilihan, mobil baru dan mobil bekas. Orang biasanya cenderung lebih banyak menyukai dan memilih mobil baru. Sebab kualitasnya pasti lebih terjamin dan jauh dari penipuan. Kemudian bagaimana dengan mobil bekas yang murah?

Banyak juga yang lebih memilih mobil bekas/seken:

Bingung cari mobil terbaik?

Apabila sahabat belum terlalu mengetahui dalam membeli mobil, tenang saja. Kami akan memberikan 27 tips membeli mobil baru dan mobil bekas untuk pemula!

Baca Juga: Merek Mobil Di Indonesia Yang Paling Populer Dan Terlaris

 

Cek Harga Pasar

Saat ini, informasi dapat dengan mudah diperoleh melalui internet, antara lain berbagai informasi mengenai harga mobil baru dan mobil bekas. Oleh karena itu, pastikan untuk meneliti terlebih dahulu informasi harga pasar kendaraan yang ingin sahabat beli. Apalagi jaman sekarang sudah canggih sahabat bisa mencari informasi lewat Internet. Tujuannya agar sahabat mengetahui harga pasar mobil baru dan mobil bekas yang tidak diatas anggaran budget sahabat.

 

Baca Review Mobil

Selain itu, baca juga review atau ulasan tentang mobil mana yang akan dibeli secara online. Cara ini biasanya digunakan dari pecinta mobil untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil yang diinginkan atau dibeli maupun itu mobil baru atau mobil bekas.

Sahabat harus memahami apa saja kelebihan dan kekurangan kendaraan tersebut, agar sahabat tidak kecewa setelah membeli. Pendapat mereka tentu saja bisa menjadi acuan, karena mereka harus memiliki pengalaman dengan mobil.

 

Pilih Dealer Yang Direkomendasikan

Sebelum memutuskan untuk pergi ke dealer mobil, tentukan dari awal dealer mana yang sahabat incar. Dalam retrospeksi, pilihan nya bisa sangat banyak, apalagi jika sahabat masih belum terlalu mengetahui.

Pilih dealer mobil baru atau mobil bekas yang terpercaya. Minta pendapat dari kerabat,saudara atau keluarga karna itu akan sangat membantu sahabat. Apalagi jika mereka memiliki hubungan dengan pemilik atau karyawan dealer mobil. Tarif khusus dan bonus menarik pasti menunggu.

 

Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Apabila sahabat sudah tiba di tempat tujuan dealer atau showroom yang dipilih, kemudian tanyakan mobil yang ingin sahabat beli dan sesuai dengan yang sahabat cari. Penjualan di dealer biasanya juga menawarkan mobil lain, jadi jangan mudah tergiur. Tetap pada pilihan sahabat, dan sesuaikan pemilihan kendaraan dengan kebutuhan teman.

Jangan memilih mobil dengan fitur yang tidak berguna. Misalnya, jika sahaabat tinggal di daerah perkotaan, sebaiknya jangan memilih mobil Jeep. Karena mobil Jepp biasa digunakan pada area jalan yang kasar dan suram.

 

Tentukan Waktu Yang Tepat

Seperti yang sahabat ketahui, ada saat yang tepat untuk membeli mobil.

Pada pukul berapa?

Menurut survei, waktu terbaik adalah akhir tahun dan selama pameran mobil.

mengapa?

Karena membeli mobil saat itu, biasanya penjual mobil bisa memberikan banyak penawaran dan diskon.

 

Teliti Dalam Memilih Mobil

Tidak sedikit pembeli yang berakhir dengan mobil yang salah.

mengapa?

Tidak teliti memeriksa spesifikasi kendaraan adalah jawabannya.

Biasanya untuk pemula, membeli mobil hanya memeriksa sasis dan mesinnya saja. Kebanyakan dari mereka terjebak, ya masalah harga.

Harga biasanya merupakan pertimbangan kualitas yang penting.

Berikut langkah-langkah agar tidak salah pilih spesifikasi kendaraan:

  • Pilih jenis kendaraan sesuai kebutuhan sahabat (city car, SUV, family car, dll)
  • Bagaimana spesifikasi dan kualitasnya? Apakah sudah terbukti kualitasnya di pasaran?
  • Apakah harga sebanding dengan kualitasnya? Apakah ada alternatif yang lebih cocok?
  • Apakah harganya sepadan dengan kemampuan dompet?
  • Perhatikan pada biaya suku cadang,servis,pajak, dll yang dapat meringan kan sahabat.
  • Jangan tergesa-gesa.

 

Untuk Siapa Mobil Itu

Ini sangat penting…

Jadi begini,

Misalnya, jika sahabat masih sendiri, sahabat pasti membutuhkan mobil yang berbeda dari orang yang sudah menikah. Mobil keluarga biasanya berukuran lebih besar sedangkan mobil yang digunakan untuk diri sendiri tidak terlalu besar.

 

Utamakan Keamanan Dan Kenyamanan

Jika sahabat sudah memiliki keluarga, tentu saja mobil yang diinginkan bukan hanya untuk melindungi dari hujan dan panas saja. Namun harus dibuktikan bahwa mobil tersebut yang dipilih nyaman dan aman.

Misalnya, sebuah mobil harus mampu menampung jumlah penumpang dan bagasi yang biasa dibawa.

Ciri-ciri utama kendaraan multifungsi yang sering dijadikan mobil keluarga antara lain:

  • Kapasitas penumpang besar
  • Ukuran kabin yang luas
  • Nyaman, aman dan praktis untuk keluarga
  • Ada fitur hiburan (radio atau TV) untuk si kecil

 

Konsumsi Bahan Bakar

Sejujurnya, bahan bakar adalah salah satu beban utama memiliki mobil.

Bagaimana itu?

Biaya bahan bakar semakin meningkat dari waktu ke waktu, seiring dengan kemacetan yang terjadi belakangan ini, tentunya penggunaan bahan bakar juga semakin boros.

Inilah alasan sebelum membeli mobil yang kita inginkan, untuk lebih mengetahui konsumsi bahan bakar yang gunakan.

Memang benar mobil dengan tenaga yang besar juga akan membutuhkan bahan bakar yang lebih besar pula. Tapi, kaji kembali kebutuhan sahabat. Hal ini memungkinkan sahabat untuk memilih mobil yang super walaupun kebutuhan tenaga tidak terlalu dibutuhkan.

 

Pilih Desain Yang Bagus

Selain fungsinya, mobil juga harus terlihat bagus. Namun, orang biasanya memiliki selera yang berbeda terhadap senyawa ini. Sebagian ada yang menyukai model elegan dan mewah, dan aja juga sebagian yang menyukai model imut dan ringkas

Buat yang masih bingung tipe mobil apa yang cocok buat kamu, coba tanya lagi kamu orangnya seperti apa. Kemudian pertimbangkan desain mobil yang sangat populer, agar apabila ingin dijual kembali mendapatkan dengan harga yang cukup tinggi.

 

Cek Fitur Keselamatan

Perhatikan dengan teliti pada fitur keamanan dan keselamatan mobil. tentunya keamanan dan keselamatan menjadi prioritas utama agar sahabat aman dalam berkendara.

Oleh karena itu, sahabat harus memeriksa beberapa fitur keselamatan berkendara sebagai berikut:

  • Dibebakli dengan dual SRS airbag (supplementary restraint airbags dan driver’s knee airbags)
  • Kelengkapan seat bealt
  • Fitur kunci otomatis mencegah anak-anak membuka pintu/jendela sembarangan.
  • Fitur rem (ABS dan EBD)

Dengan fitur keselamatan dan keamanan yang lengkap dan terjamin, sahabat dapat berkendara bersama keluarga tanpa khawatir dan takut.

 

Cari Uang Muka Yang Rendah

Mobil merupakan kebutuhan yang sangat mahal, apalagi bagi kita yang tidak memiliki banyak uang. untuk harga biasanya mencapai ratusan juta rupiah bahkan bernilai milyaran.

Oleh karena itu, muncul produk Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) untuk memudahkan masyarakat yang pendapatannya masih terbatas.

Nah, kredit mobil pun sahabat juga membutuhkan uang muka yang harus dibayar di awal kredit.

Jadi, selalu periksa kemungkinan keuangan sahabat terlebih dahulu dan pilih mobil dengan uang muka yang masuk akal. Itu tidak memungkinkan sahabat untuk menambah hutang untuk melunasi kredit.

 

Pilih Harga Jual Yang Stabil

Kendaraan biasanya berbeda dengan rumah, karena umurnya tidak panjang. Kendaraan umumnya digunakan selama 5 sampai 10 tahun.

Harga mobil bisa diturunkan hingga 50% bila kondisinya mobil bekas. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mencari kendaraan generik dengan harga jual yang cukup tinggi. Tujuannya tentu saja untuk mengurangi kerugian nantinya.

 

Sesuaikan Bengkel Yang Mudah Ditemukan

Apabila sahabat mencari mobil, utamakan untuk mempertimbangkan kemudahan akses bengkel resmi dengan mobil yang sahabat beli nantinya. Karena sahabat pasti tidak ingin berada dalam kesulitan saat situasi sedang genting, bukan? Misalnya, kecelakaan mobil atau kerusakan mesin.

Dengan budget yang terbatas, mobil murah tidak menjadi masalah. Namun workshop ini harus menjadi sumber pertimbangan nya.

Dengan banyak bengkel formal, sahabat juga mendapatkan kemudahan dalam jangkauan apabila terjadi hal yang mendesak. selain dari itu, bengkel formal tentunya lebih aman dari pada bengkel biasa yang belum tentu sangat mudah.

 

Temukan Akses Mudah Suku Cadang

Oleh karena itu dalam memilih jenis mobil juga harus diperhatikan apakah mudah mencari suku cadangnya atau tidak. Tujuannya untuk memprediksi apakah akan terjadi kerusakan pada bagian-bagian mobil yang kita kendarai.

Selain itu, selalu disarankan untuk memilih mobil dengan suku cadang asli yang tersedia agar mobil tetap terawat dan terawat untuk jangka panjang.

 

Kapasitas Yang Cukup

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, saat sahabat membeli mobil, alangkah baik nya sahabat menentukan mobil yang dibeli dalam kebutuhan apa. Jadi sahabat bisa membeli mobil dengan kapasitas yang cukup untuk jumlah penumpang. Apalagi jika keluarga masih muda, rencanakan terlebih dahulu berapa kapasitas yang akan dibutuhkan nantinya.

 

Jenis Pembayaran

Jika sahabat memang berencana menggunakan mobil untuk jangka panjang dan tidak mudah tergiur dengan model-model baru yang ditawarkan, belilah secara kredit.

Sahabat juga dapat membeli dengan uang tunai, jika dana tersedia.

Mengapa? Karena kredit bukan berarti sahabat tidak mampu, tetapi menunjukkan bagaimana mengelola uang sahabat.

Jangan paksakan diri sahabat apabila uang teman sahabat tidak mencukupi, kredit sah digunakan jika diperlukan. Dengan demikian, kehidupan sehari-hari tidak begitu menegangkan dan dapat dilakukan dengan normal.

 

Identifikasi Dan Spesifikasi

Bagi yang ingin membeli mobil terutama bagi pemula yang terpenting adalah mengetahui bentuk dan kelengkapan modelnya.

Ini salah satu cara untuk mengetahui apakah yang sahabat butuhkan bisa terpenuhi atau tidak.

Contohnya, ketika kita biasanya membeli mobil, tidak dilengkapi dengan karpet dan kaca film, padahal kedua perangkat itu menghabiskan banyak uang lho!

Oleh karena itu, selalu tanyakan perlengkapan apa saja yang sahabat dapatkan dan negosiasikan agar sahabat bisa mendapatkan banyak perlengkapan tambahan secara gratis.

 

Penganggaran

Rata-rata harga mobil biasa saat ini berkisar Rp 200 juta. Apakah harga ini sesuai dengan budget dan kondisi keuangan sahabat?

Apabila budget sahabat tidak sesuai dengan harga mobil yang diinginkan, sahabat dapat menggunakan sistem kredit. Namun pada sistem ini sahabat akan dikenakan biaya tambahan berupa bunga yang cukup tinggi.

Belum lagi ditambah biaya tambahan, seperti biaya bahan bakar dan servis. pernahkan sahabat menghitung semua total biaya tersebut?

Meski terkesan biasa bagi mereka yang bekerja di kota-kota besar untuk memiliki mobil pribadi, namun sahabat perlu mempertimbangkan kembali kondisi keuangan sahabat.

Apabila sahabat merasa harga mobil dan biaya tambahan nya terlalu tinggi, sebaiknya sahabat lebih mempertimbangkan lagi agar sahabat tidak merasa kesusahan dalam pembayaran nya nanti.

Biasanya, jika sahabat bersikeras, bank atau perusahaan leasing menggunakan rasio untuk mengukur kemampuan keuangan calon debitur, yang disebut rasio utang. Rasio hutang adalah perbandingan pendapatan bulanan dan cicilan kredit yang sedang berjalan.

Pemberi pinjaman biasanya menetapkan rasio utang tidak lebih dari 20% hingga maksimum 30%. Tujuannya tentu saja untuk mengantisipasi kredit macet.

Mengapa semakin tinggi rasio utang, semakin buruk? Soalnya apabila rasionya lebih ke utang, sudah dipastikan sahabat akan mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan.

Misalnya, ketika sahabat ingin membeli mobil dengan cicilan Rp 5 juta dan sahabat menginginkan rasio utang kurang dari 20%, jangan memaksakan diri untuk membeli mobil jika penghasilan sahabat kurang dari Rp 25 juta.

 

Ketahui Pajak Penjualan Dan Tahunan

Jika sudah mengetahui model dan harga yang sesuai dengan keinginan, sebaiknya perhatikan juga pajak penjualan barang mewah (PPnBM) dan pajak mobil tahunan.

Jadi ketika membeli mobil, sebaiknya jangan hanya memikirkan pada harga mobil saja. Namun pikirkan dengan biaya lain yang mungkin timbul.

Pilih Lembaga Keuangan Terpercaya

Apabila sahabat telah memutuskan untuk membeli mobil dengan cara kredit, hal yang perlu sahabat perhatikan adalah keandalan lembaga keuangan tersebut.

Saking tingginya permintaan, banyak pihak yang tidak bertanggung jawab menawarkan kredit mobil, namun tidak semuanya bisa dipercaya.

Masih banyak lembaga keuangan yang melakukan penipuan, sahabat melakukan uang muka tetapi mobil tidak datang. mengapa? Karena uangnya diambil.

Oleh karena itu, selalu pilih lembaga keuangan yang terpercaya. Jangan terlalu percaya jika ada yang menawarkan suku bunga 0%, karena setiap tempat memiliki tarif yang berbeda-beda.

Untuk mendapatkan keputusan, bandingkan harga antara lokasi A dengan lokasi B, kemudian sahabat akan mendapatkan perbandingan dari kedua lokasi tersebut yang bisa menjadi keputusan sahabat sesuai keinginan.

 

Memilih Kredit Dengan Bunga Rendah

Ingatlah bahwa bunga biasanya merupakan beban yang agak berat, karena harus dibayar sampai kredit lunas. oleh sebab itu sangat penting untuk memilih bunga yang rendah agar sahabat tidak kesulitan dalam membayar.

Suku bunga yang lebih tinggi berarti beban jangka panjang sahabat juga meningkat. Oleh karena itu, selalu bandingkan satu lembaga keuangan dengan lembaga keuangan lainnya untuk memilih tingkat bunga yang lebih rendah.

 

Apakah Ada Asuransi Atau Tidak

Jika sahabat ingin membeli mobil secara kredit, terlebih dahulu sahabat harus menanyakan apakah mobil tersebut memiliki asuransi. Jika demikian, tinjau polis asuransi untuk cakupan layanan yang diberikan.

Upgrade polis jika perlu, agar sahabat tidak merasa rugi nantinya.

 

Tukar Tambah Yang Lama Dengan Baru

Jika sahabat sudah memiliki mobil dan ingin membeli kendaraan baru, sahabat bisa menggunakan sistem barter yang biasanya ditawarkan oleh beberapa dealer atau showroom. Sahabat dapat menanyakan berapa harga mobil lama sahabat akan dijual, dan menggunakan hasilnya sebagai uang muka untuk mobil baru.

Jika menurut sahabat harga dealer mobil tua tersebut terlalu rendah, sahabat masih memiliki pilihan lain dengan menjual mobil lama tersebut kepada orang lain terlebih dahulu. Siapa tahu harganya lebih menguntungkan. Lumayan, untuk menambah pembelian mobil baru.

 

Minta Bonus Aksesoris Mobil

Biasanya setiap dealer menawarkan aksesoris sebagai bonus mobil yang sduah dibeli, namun, apabila dealer tidak menawarkan, sahabat dapat memesan dari dealer.

Nanti, itu tergantung bagaimana sahabat dan agen berurusan. Oleh karena itu, buatlah suatu kesepakatan dengan sepihak agar saling menguntungkan.

 

Lakukan Tes Kendaraan

Apabila sahabat ingin menguji sebuah mobil, sahabat perlu melakukan test drive atau meminta kepada driver dealer untuk melakukan test drive agar lebih yakin dengan keputusan sahabat.

Tes mengemudi sangat penting.

Mengapa?

Sebab sahabat dapat merasakan nya secara langsung dan mengetahui apakah mobil sesuai dengan yang sahabat inginkan.

Dan maka dari itu …

Jangan malu-malu untuk meminta tes mobil atau test drive saat ingin membeli mobil, oke?

 

Periksa Fitur Untuk Anak

Jika sahabat sudah memiliki anak, tentunya sahabat juga perlu menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Mobil keluarga yang baik harus menyediakan fitur-fitur yang mendukung dan memudahkan orang tua untuk mengantar anaknya berkendara.

Fitur apa yang sahabat bicarakan? Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • Fitur isofix : Memasang kursi mobil untuk anak kecil.
  • Fitur kunci anak (kunci otomatis)
  • Fitur side airbag : Keamanan penumpang di kursi belakang.
  • Fitur double blower : Tambahan AC untuk penumpang belakang.

Baca Juga: Mobil SUV Terbaik Dan Tervaforit Di Indonesia