Menko Luhut Bertemu Elon Musk, Apakah Tesla Jadi Bangun Pabrik Di RI?

oleh -211 Dilihat
Menko Luhut Bertemu Elon Musk, Apakah Tesla Jadi Bangun Pabrik Di RI?

StoryOto.com – Menko Luhut baru-baru ini bertemu dengan bos Tesla, Elon Musk di Texas, AS. Luhut membahas potensi nikel yang menjadi sebagai bahan baku utama baterai kendaraan listrik. Elon Musk pun juga menunjukkan minatnya, dan akan bertemu dengan Presiden Jokowi untuk membahas kemitraan lebih lanjut.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya bertemu dengan CEO Tesla, Elon Musk di Giga Factory, di Austin Texas, Selasa 26 April 2022. Ini merupakan pertemuan pertama mereka, kata Luhut dalam postingan Instagramnya.

Baca Juga: Asyik! Ganjil Genap Jakarta Selama Liburan Lebaran 2022 Tidak Berlaku

“Tapi nyatanya komunikasi kami sudah terjalin selama dua tahun belakangan ini. Selama kurang lebih satu jam, saya telah menyampaikan potensi bahan baku baterai kendaraan listrik yang saat ini sedang kami eksplorasi melalui program hilirisasimineral,” tulisnya.

Menko Luhut Bertemu Elon Musk, Apakah Tesla Jadi Bangun Pabrik Di RI?

Lanjutnya, tidak biasanya bos Tesla itu untuk menerima tamu seperti saat bersama Luhut. Yang jelas, Luhut menyampaikan Elon Musk tampak antusias dan penasaran saat menjelaskan perkembangan penerapan kendaraan listrik di tanah air.

“Namun saya penasaran kenapa Elon Musk yang beberapa waktu lalu agak sedikit kaku dengan beberapa kebijakan terkait industri mobil listrik dan pengolahan nikel di Indonesia, kini bersemangat,” tambah pria kelahiran Toba Samosir 75 tahun lalu.

Elon Musk Akan Bertemu Jokowi

Menko Luhut Bertemu Elon Musk, Apakah Tesla Jadi Bangun Pabrik Di RI?

Elon Musk disebut Luhut telah menyatakan minatnya pada potensi kerjasama kali ini. Hal ini dikarenakan penjelasan Luhut tentang besarnya potensi industri nikel di Indonesia.

Baca Juga: Ini Wujud Pendatang Baru e:NS1 dan e:NP1 kembaran Honda HR-V Listrik

Kehadirannya diyakini akan mengubah persepsinya karena dinilai menjanjikan untuk bisa menyuplai bahan baku baterai mobil listrik, yang dibutuhkan oleh Tesla sebagai salah satu produsen mobil listrik terkemuka.

Maka dari itu, pada 14 Mei mendatang nanti, Luhut juga mengatakan bahwa bos Tesla itu akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kenegaraan ke Amerika Serikat. Katanya Elon akan mengubah jadwalnya untuk bertemu mantan walikota Solo di SpaceX.

Menko Luhut Bertemu Elon Musk, Apakah Tesla Jadi Bangun Pabrik Di RI?

“Saya juga mengundang Elon Musk untuk datang ke Indonesia dalam Forum B-20, yaitu salah satu rangkaian dari perhelatan G-20 yang akan berlangsung di Bali pada November mendatang,” ungkap Luhut dalam keterangannya di akun Instagram resminya.

Hal ini memperkuat kemitraan antara Tesla sebagai produsen kendaraan listrik terkemuka, dengan Indonesia yang memiliki sumber daya nikel terbesar di dunia. Namun belum diketahui bagaimana keberkelanjutan investasi tersebut.

Baca Juga: Tesla Bikin Menko Marves Luhut Geram, Mau Bikin Pabrik Banyak Maunya

“Saya berharap ini bukan pertemuan kami yang terakhir, dan ke depan akan ada diskusi tentang kemajuan perkembangan industri nikel di Indonesia yang merupakan industri berteknologi tinggi yang dapat membawa negara kita masuk dalam rantai pasokan global industri kendaraan listrik,” tutup Luhut.