Jangan Sampai Salah! ini Ukuran Shim Klep Satria FU Standar yang Benar

oleh -150 Dilihat
Jangan Sampai Salah! ini Ukuran Shim Klep Satria FU Standar yang Benar

StoryOto.com – Ukuran Shim Klep Satria FU Standar, Suzuki Satria F150 merupakan salah satu motor tercepat di kategori underbone 4-tak. Motor ini diproduksi oleh Suzuki Motor Corporation untuk menggantikan model Suzuki FXR150. Dengan mengusung mesin berteknologi tinggi dengan volume silinder bersih 147,3 cc, 4-katup digerakkan oleh Camshaft ganda.

Konfigurasi mesin ini disebut juga disebut DOHC yang biasa ditemukan pada mesin mobil. Didukung oleh transmisi 6-percepatan, rasio gigi pendek dan konstruksi sasis yang ringan membuat motor ini mampu melesat paling cepat di kelas Underbone.

Ukuran Shim Klep Satria FU Standar

Ukuran Shim Klep Satria FU Standar

Suzuki Satria FU standar dipatok pada celah klep masuknya 0,10-0,20 mm dan celah klep buang 0,26-0,30 mm. Ukuran celah ini akan berubah sesuai dengan usia motor. Kecuali motor itu habis dibeli namun tidak pernah digunakan. Celah klep saja harus diperkuat setiap 5.000 km.

Suzuki Satria FU setelan klepnya bukan baut dan mur, tetapi lempangan pengganjal atau Shim. Karena mekanisme menentukan celah klep, dengan tebal / tipisnya Shim. Ini juga sudah diinstruksikan oleh tabel penggunaan Shim.

Tabel Ukuran Shim Satria FU Standar

Tabel Ukuran Shim Satria FU Standar

Cara penggunaan tabelnya, moto Satria Fu asli bawaan pabrik, celah klepnya In 0,15 mm, maka klep yang digunakan 1,70 mm untuk In dan Out. Saat diukur celah klep telah renggang dan tidak mungkin lagi rapat, sudah dipastikan Shim kemakan atau aus oleh mesin hidup dan panas.

Cara Mengetahui Ukuran Shim Klep Satria FU

Cara Mengetahui Ukuran Shim Klep Satria FU

Dalam hal ini, ukuran Shim yang digunakan dilihat dari tabel. Dalam tabel ini, interval Shim adalah 0,5 mm. Itu sama seperti di bengkel resmi Suzuki. Patokannya dengan diukur Filler Gauge dan Shim lama terpasang pada tempatnya dan belum diutak-atik.

Misalnya celah berubah menjadi 0,30 mm dan Shim yang terpasang saat ini adalah no 170. Jadi berdasarkan tabel, sahabat harus memilih ukuran 1.85 mm atau no 185 untuk klep In-nya. Sedangkan ex misalnya menjadi 0,40 mm, Shim yang harus digunakan adalah 2,00 jika diukur menggunakan 175 yang terpasang, dan begitu seterusnya sesuai tabel.

Ini menurut tabel berdasarkan keausan semua bagian yang terkait dengan Shim. Tapi untuk memastikannya, silahkan di ukur ulang. Seharusnya celah klep kembali standar seperti celah masuk 0,10-0,20 mm dan celah buang 0,26-0,30 mm.

Baca Juga Dong Sahabat StoryOto: