FIA Melakukan Pengecekan Persiapan Balapan Mobil Di Sirkuit Mandalika,

oleh -237 Dilihat
FIA

StoryOto.com – Setelah event MotoGP sukses digelar di Sirkuit Mandalika, olahraga kelas dunia lainnya meminati balapan di Sirkuit Mandalika. Untuk Kali ini, Federasi Internasional Automobile (FIA) mengunjungi Sirkuit Mandalika untuk melakukan uji kelayakan Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit untuk digunakan sebagai lintasan balap roda empat. Pemeriksaan ini dilakukan pada Kamis 24 Maret 2022.

Pemeriksaan tersebut langsung dihadiri oleh Scott E. Elkins selaku Formula E Race Directur. Dia melakukan beberapa pemeriksaan jalur Mandalika dengan memulai berjalan kaki dari garis start hingga garis finis. Sebelum pemeriksaan, FIA sudah berkoordinasi dengan Priandhi Satria selaku Direktur utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Priandhi mengatakan, koordinasi itu dilakukan sepekan lalu. Dalam hal ini, Sirkuit Mandalika akan menentukan kelayakannya untuk homologasi balap roda empat.

Baca Juga: Tiket Sirkuit Mandalika Telah Tambah 4 Titik Lokasi Terbaru, Cek Lokasinya

“Jadi mereka sepakat mengirimkan tim untuk melihat Pertamina Street Circuit dalam rangka mendapatkan homologasi untuk roda empat tersebut”. Ungkap Priandhi Satria selaku Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Dijelaskannya, Federasi Internasional Automobile telah memeriksa beberapa di lintasan Mandalika dan mencatat kebutuhan yang harus disesuaikan dengan standar yang ditetapkan FIA. Kriteria tersebut harus dipenuhi, seperti lebar dan panjang sirkuit, gravel atau yang juga dikenal sebagai area kerikil yang harus sesuai dengan dinding tepi gravel.

“Mereka berhenti di beberapa titik untuk menuliskan tujuannya, agar nanti ada ide saat dia menghubungi FIA. Mereka membawa gambarnya dan tentunya kami akan mengirimkan bahan (materi) selama pembangunan sirkuit, seperti lebar lintasan, run-off dan lain-lain,” tambahnya.

Priandhi sangat berharap pemeriksaan tidak terlalu banyak merevisi sirkuit Mandalika. Mulai saat ini, MGPA akan menyediakan dokumen terkait desain Sirkuit Mandalika dalam beberapa minggu ke depan. Selain itu, Priandhi juga mengatakan beberapa proses harus dilalui untuk mendapatkan homologasi sesuai standar FIA.

“Kalau menuju ke FIA ​​tentunya kita tidak berani berkomentar, karena mereka akan mengirimkan apa yang menurut standar FIA seperti apa. Standar FIA dan FIM pasti berbeda”. Ungkap Priandhi Satria.

Baca Juga: Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Dinyatakan Telah Selesai