CATL China Akan Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Di Indonesia

oleh -188 Dilihat
CATL China Akan Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Di Indonesia

StoryOto.com – CATL adalah Perusahaan baterai kendaraan listrik yang akan membangun pabrik di Indonesia. Perusahaan CATL merupakan pemasok baterai kendaraan listrik terbesar di dunia asal Cina. Bagi CATL, mega proyek ini akan mempererat hubungan Indonesia dengan China.

Upaya Indonesia merambah industri kendaran listrik semakin gencar. Pertama ada perusahaan baterai asal Korea Selatan, yakni Hyundai dan LG yang sudah memantapkan diri untuk membangun pabrik baterai kendaraan listrik.

Baca Juga: Terciduk! Facelift Subaru XV 2022 Tertangkap Kamera Ada Di Indonesia

Baru-baru ini giliran pabrikan China yang turut berinvestasi di Indonesia untuk membangun pabrik baterai kendaraan listrik. Adalah CATL (Contemporary Amperex Technology Co.Limited) sebagai pemasok baterai kendaraan listrik terbesar di dunia.

CATL China Akan Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Di Indonesia

Melalui jaringan bisnisnya, Ningbo Contemporary Brunp Lygend Co,. Ltd (CBL) bermitra dengan sejumlah perusahaan lokal. CBL sendiri adalah anak perusahaan dari Guangdong Brunp Recycling Technology Co,. Ltd, yang mana Brunp merupakan anak perusahaan CATL.

CATL telah resmi menandatangani perjanjian investasi di Indonesia dengan BUMN tambang PT Aneka Tambang atau Antam dengan nilai investasi US$5,97 miliar atau Rp. 85,77 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk penambangan, pengolahan nikel, pembuatan baterai dan daur ulang baterai.

Baca Juga: Posko Siaga Mitsubishi 24 Jam Siapkan Fasilitas saat Mudik Lebaran 2022

Keduanya juga akan berkolaborasi bersama PT Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC) untuk menggarap mega proyek baterai kendaraan listrik Indonesia.

CATL China Akan Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Di Indonesia

IBI atau IBC adalah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang ekosistem kendaraan listrik. Perusahaan ini juga merupakan anak perusahaan dari MIND ID. Sedangkan MIND ID merupakan holding industri perusahaan pertambangan negara yang salah satunya adalah Antam.

“Dengan investasi bersama sebesar US$ 5,968 miliar, proyek ini berlokasi di Kawasan Industri FHT Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara, Indonesia, serta di tempat-tempat lain negara ini,” tulis CATL dalam pernyataan resminya.

Memperkuat Hubungan China Dengan Indonesia

Bagi perusahaan, proyek ini akan meningkatkan eksitensi CATL di industri baterai, termasuk juga menguasai pasokan bahan baku dan sumber daya utama, mengurangi biaya produksi, dan mendorong pengembangan bisnis daur ulang baterai.

CATL China Akan Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Di Indonesia

“Proyek Indonesia merupakan tonggak terpenting bagi CATL karena kami ingin memperluas jejak global kami, dan itu akan menjadi simbol persahabatan yang abadi antara China dan Indonesia. Kami sepenuhnya yakin dengan perkembangan proyek di masa depan,” ungkap Pendiri dan Ketua CATL, Robin Zheng.

Baca Juga: Ini Penampakan Motor Listrik Yamaha E01 Pada Ajang IIMS 2022

Proyeksinya pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik ini akan dilaksanakan dalam jangka waktu 5 tahun, mulai tahun 2022 hingga 2026 dan akan berdiri di atas lahan seluas 29.085 hektar.