Cara Perawatan Mobil Agar Tetap Awet Dan Nyaman Saat Berkendara

oleh -104 Dilihat
Cara Perawatan Mobil

StoryOto.com – Perawatan mobil tentunya menjadi suatu keharusan agar mobil sahabat selalu dalam kondisi prima saat dikendarai. Tentu sahabat tidak ingin mati saat menggunakan mobil dalam perjalanan dekat atau jauh di tengah jalan. Belum lagi sahabat yang belum terlalu paham dengan dunia otomotif dan ada kebutuhan yang mendesak tentunya akan sangat membingungkan.

Perawatan mobil harus dilakukan secara berkala. Oleh karena itu, perawatan mobil perlu dilakukan, dengan memperhatikan tips berikut ini.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Dan Mencegah Karatan Pada Besi Kendaraan 

 

 

1. Pilihlah Bahan Bakar Yang Tepat

Sahabat harus bisa memilih bahan bakar yang membuat performa mesin mobil semakin sempurna. Disarankan untuk memilih bahan bakar yang direkomendasikan oleh pabrikan dengan nilai oktan yang bisa dikatakan memiliki nilai oktan tinggi. Nilai oktan adalah jumlah tekanan yang diberikan ketika bahan bakar terbakar secara spontan sebelum dibakar.

Semakin tinggi nilai oktan, semakin lambat bahan bakar terbakar. Ini memiliki fungsi tidak meninggalkan residu yang mengganggu kinerja mesin.

 

2. Ganti Oli Secara Teratur

Jenis perawatan mobil yang harus diperiksa oli secara berkala. Biasanya saat sahabat melakukan servis mobil di bengkel resmi, waktu penggantian oli berikutnya akan tertulis di atas kertas. Atau bisa juga mengikuti manual yaitu mengganti oli setiap 5000 km.

Atau saat mesin mobil kasar, oli terlihat hitam dan mulai habis. Oli mesin memiliki fungsi memberikan pelumas sehingga gesekan pada mesin dapat dikurangi.

 

3. Periksa Dan Ganti Air Radiator

Untuk membuat mobil sahabat terasa lebih nyaman dan tahan lama, sahabat harus selalu memeriksa dan mengganti air radiator dengan benar. Air radiator memiliki manfaat bagi mobil untuk mendinginkan suhu mesin. Ketika cairan pendingin kekurangan air, hal itu dapat mempengaruhi mesin mobil.

Pengisian air radiator ini menggunakan cairan khusus. Perawatan rutin seperti ini tidak boleh diabaikan.

 

4. Ganti Minyak Rem

Terkadang mengganti minyak rem luput dari perhatian pemilik mobil. Minyak rem ini memiliki sifat hidrofilik yang dapat menyerap kelembapan. Walaupun oli ini terdapat dalam sistem rem tertutup, namun ada kemungkinan oli tersebut akan menyerap kelembapan dari lingkungan sekitar.

Ketika minyak rem tidak diganti, karat dan korosi terjadi pada mesin kendaraan. Oleh karena itu, ganti minyak rem setiap 60.000 km.

 

5. Lakukan Pemeriksaan Baterai

Memeriksa baterai juga sangat penting. Sahabat dapat mengontrol air baterai ini setidaknya selama dua minggu jika sahabat menggunakan baterai basah. Sahabat harus memastikan bahwa air aki masih pada level yang seharusnya, yaitu di antara batas tanda.

Sahabat juga dapat mengukur tegangan baterai dengan voltmeter. Biaya perawatan mobil menjadi murah jika rajin memeriksa setiap bagian mobil.

 

6. Sesuaikan Tekanan Ban

Jika sahabat sering bepergian dengan mobil, sangatlah penting untuk sahabat memeriksa ban dan tekanannya yang sudah di tentukan. Hal ini dapat dilakukan setidaknya sebulan sekali sebelum keberangkatan. Jika kondisi ban sudah tidak memungkinkan, maka harus segera diganti. Jangan lupa untuk mengecek kondisi keempat ban mobil sahabat ya.

 

7. Periksa Lampu Dan Kabel

Bagaimana cara perawatan mobil agar awet dan berlipat ganda? Sahabat juga harus memeriksa kondisi kabel dan lampu mobil. Perhatikan jika ada kabel yang sudah mulai kendor atau bahkan hampir putus, jika ada segera ganti.

Perhatikan juga kondisi lampu mobil jika mulai meredup, dan jangan sampai lampu mobil padam secara tiba-tiba saat sedang di jalan. Sahabat dapat memilih suku cadang asli dari produsen yang direkomendasikan.

Jadi beberapa perawatan yang dapat sahabat StoryOto.com lakukan untuk memperpanjang umur mobil sahabat dan mempertahankan performa terbaiknya. Hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah mencuci mobil secara rutin agar tetap bersih dan nyaman digunakan.