AHM Rilis Honda CBR1000RR-R SP Bersamaan Dengan Ajang IIMS 2022

oleh -211 Dilihat
Honda CBR1000RR-R SP

StoryOto.com – AHM meluncurkan Honda CBR1000RR-R SP Livery 30th Anniversary yang dirilis bersamaan dengan ajang IIMS 2022. Honda merilis motor ini dalam upaya merayakan superbike Honda Fireblade yang sudah 3 dekade sejak para insinyur Honda menciptakan motor tangguh ini.

Baca Juga: Yamaha Merilis Motor Sport Terbaru Dengan Label Yamaha YZF-R3 2022

Livery Special yang terlampir pada Honda CBR1000RR-R SP ini merupakan livery pertama yang dibangun pada tahun 1992 oleh Mr. Hiroaki Tsuku. Dengan memadukan 3 warna khas Honda, yakni biru dan merah yang ditaburkan ke bodi yang didominasi warna putih, tercipta dengan sangat unik. Ditambah lagi, warnanya sendiri dibuat seperti sapuan kuas dan membuat motor ini terlihat sangat klasik dan memancarkan aura balap yang kental.

Honda CBR1000RR-R SP Livery 30th Anniversary

Bukan hanya warna nya yang special yang dihadirkan Honda sendiri, namun Honda juga menawarkan dua warna baru yang dirilis sebelumnya yakni hitam dan merah, namun dengan perbedaan, mengingat area pelek dilapisi emas. Kemudian Honda juga merevisi pada versi warna tricolor racing red pada bagian depannya yang memiliki detail warna putih yang lebih dominan dan pada bagian logo HRC juga telah direvisi.

Kini situasinya bukan lagi yang terburuk karena dari spesifikasinya, setidaknnya Honda CBR1000RR-R SP menempel Ducati Panigale V4 yang berada di kisaran 221PS dan di atas BMW S1000RR yang bermain di kisaran 206.7ps. Untuk sasis Honda masih berbasis model twin spar aluminium namun telah didesain ulang agar lebih rigid (tebal 2mm). Kini bobot motor juga berkurang signifikan menjadi hanya 201 kg.

Sedangkan untuk suspensi menggunakan komponen USD Ohin 43mm dan suspensi belakang Pro-Link dengan pengatur Electronik Balance Free Cushion Light belakang(BFRC-Light). Mengintip perangkat sistem pengereman, Honda CBR1000RR-R SP menggunakan kaliper Brembo empat piston 330mm di bagian depan. Dan yang paling menonjol adalah ukuran bannya.

Honda CBR1000RR-R SP Livery 30th Anniversary

Jika sebelumnya menggunakan ukuran ban belakang berukuran 180, namun generasi baru Honda memilih ukuran ban 200/55-17. Untuk bagian depan 120/70-17. Pada segi aerodinamika, HRC dikatakan bekerja keras untuk fokus pada sisi aerodinamis sehingga koefisien drag sekitar 0,270. Mereka menerapkan teknologi MotoGP. Winglet yang menempel pada fairing merupakan hasil pengembangan dari HRC dengan fokus pada downforce RC213V. Itu semua belum termasuk IMU elektronik (sudah 6 axis sebelumnya hanya 5 axis saja), Traction Control terbaru, Wheelie Control, Switchable Power Modes, Engine Braking Control, Electronic Steering Damper (HESD) hingga suspensi generasi kedua dari Ohlins Smart Electronic Control (S -EC) untuk SP menggantikan Showa termasuk rem Brembo.

Baca Juga: Honda ADV 350 Terbaru Pakai Mesin eSP+ Dan Fitur Modern Tercanggih