5 Langkah Mudah Cara Merawat Electric Power Steering Mobil Agar Awet

oleh
5 Langkah Mudah Cara Merawat Electric Power Steering Mobil Agar Awet
Cara Merawat Electric Power Steering (EPS) Mobil

StoryOto.com – Electric Power Steering (EPS) merupakan salah satu fitur wajib mobil yang ada di pasaran. Karena fungsinya yang vital dalam berkendara, maka diperlukan cara dan tips untuk merawat Electric Power Steering (EPS) ini.

Selain itu, merawat EPS menjadi hal penting karena jika rusak bisa sangat memakan biaya yang cukup besar.

Baca Juga: Cara Perawatan Mobil Agar Tetap Awet Dan Nyaman Saat Berkendara

Nur Irmansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 membeberkan beberapa tips jitu cara merawat electric power steering agar tidak cepat rusak.

Menurut sahabat apa yang harus dilakukan pemilik mobil agar EPS bertahan lebih lama?

Cara Merawat Electric Power Steering

 

1. Jangan Menerobos Jalan Rusak Dengan Kencang

Tips pertama dalam merawat electric power steering adalah selalu berhati-hati dalam memilih jalan. Usahakan pemilik mobil agar tidak menerobos jalan yang rusak dengan kecepatan tinggi.

Menerobos jalan rusak/berlobang dalam kecepatan tinggi dapat merusak power steering

Kebiasaan menerobos di jalan yang rusak dengan kecepatan yang tinggi dapat merusak poros dan boot rack steer. Kebiasaan buruk ini bisa membuat umur EPS menjadi pendek dan cepat rusak.

2. Pastikan Boot Rack Steer Tidak Sobek

Pastikan karet rack steer dalam kondisi baik dan tidak sobek. Jika komponen tersebut sobek, maka steering rack akan mudah terkena air, debu dan kotoran yang menyebabkan poros kemudi berkarat.

5 Langkah Mudah Cara Merawat Electric Power Steering Mobil Agar Awet
Resiko karet rack steer robek akan menimbulkan suara decitan saat memutar setir

Indikasi poros berkarat adalah terdengarnya suara bunyi decitan saat memutar setir. Selain itu ciri lain dari poros yang berkarat adalah lingkar kemudi akan terasa berat saat di putar atau berbelok.

3. Hindari Genangan Air

Memaksa mobil menghantam genangan air dapat merusak rack steer

Tips merawat EPS berikutnya bisa dengan menghindari genangan air. Mobil yang sering melewati genangan air berpotensi merusak bagian rack steer.

Baca Juga: Cara Service Mobil Sendiri Paling Lengkap Beserta Pejelasannya

4. Baterai Dalam Kondisi Baik

EPS mengambil banyak energi dari baterai mobil. Jika baterai mulai melemah, maka sahabat akan merasakan setir lebih berat dari biasanya.

5 Langkah Mudah Cara Merawat Electric Power Steering Mobil Agar Awet
Pastikan aki/baterai mobil dalam kondisi prima

Jika dibiarkan lama kelamaan akan merusak komponen EPS di dalam mobil. Padahal, EPS membutuhkan daya listrik yang stabil dan kuat untuk mengoperasikan komponen tersebut.

5. Jangan Memutar Setir Saat Parkir

Kebiasaan membelokkan setir saat mobil dalam keadaan diam justru dapat merusak EPS. Hindari juga kebiasaan memutar setir saat mesin mobil mati karena tidak ada arus listrik di EPS.

5 Langkah Mudah Cara Merawat Electric Power Steering Mobil Agar Awet
Memutar setir saat mobil dalam keadaan diam dapat merusak EPS

Usahakan saat parkir ban dalam kondisi lurus. Kelima cara ini bisa diterapkan untuk merawat EPS pada mobil kesayangan sahabat agar tidak cepat rusak.

Baca Juga: Tips Mengatasi Mobil Mogok Dan Mengenali Penyebabnya

“Banyak keuntungan yang didapat dari penerapan electric power steering pada mobil. Selain membuat setir lebih ringan dan nyaman, mesin juga lebih efisien karena tidak terbebani sehingga irit bahan bakar,” ungkapnya.